SETIAWAN, LULUT ADITYA (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS 4 DI SMA NEGERI JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pembelajaran cooperative learning tipe STAD sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar Akuntansi pada siswa kelas XIA di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar Akuntansi bagi siswa kelas XIA di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. (3) Model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi bagi siswa kelas XIA di SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan lokasi penelitian SMA Negeri 1 Jumapolo Karanganyar siswa kelas XIA. Sumber data diperoleh dari guru mata pelajaran Akuntansi, kepala sekolah, dan siswa kelas XIA berjumlah 36 siswa SMA Negeri Jumapolo Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kritis dan interaktif. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) Model implementasi pembelajaran Cooperative Learning STAD memuat 5 komponen dapat diterapkan dalam pembelajaran akuntansi, sebagai berikut: (a) tahap penyajian materi, (b) tahap pembentukan kelompok-kelompok terdiri dari 6 siswa kelompok siswa terdiri dari siswa yang mempunyai kemampuan kurang, sedang, dan tinggi dijadikan dalam satu kelompok. (c) tahap pemberian kuis, (d) tahap pemberian skor pada individu. guru memberikan skor kepada individu sesuai dengan keaktifan siswa dalam kelompok. (f) tahap pemberian penghargaan terhadap individu dalam kelompok. (2) Penerapan metode STAD dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran akuntansi melalui kualitas proses pembelajaran dari hasil nilai observasi minat siswa terhadap pembelajaran akuntansi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 9 siswa (31%), kemudian meningkat lagi dari siklus II ke siklus III sebanyak 10 siswa (34,48%) sehingga jumlah peningkatan minat secara keseluruhan sebanyak 19 (65,48%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran cooperative learning tipe STAD, Minat belajar Akuntansi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2011 06:52 |
Last Modified: | 16 Nov 2011 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15465 |
Actions (login required)
View Item |