Evaluasi Medan Terhadap Kerusakan Jalan Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali

, Suratno and , Dr. Ir. Imam Hardjono, Msi. and , Ir. H. Taryono, M.Si. (2008) Evaluasi Medan Terhadap Kerusakan Jalan Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Full Text)
E100000136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Evaluasi Medan Terhadap Kerusakan Jalan Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali”, Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Propinsi Jawa tengah. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat kesesuaian medan untuk bangunan jalan pada setiap satuan medan yang dilalui jalur jalan. (2) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian medan untuk bangunan jalan di daerah penelitian (3) Mengetahui jenis kerusakan jalan pada masing-masing satuan medan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode pengambilan sampel ditentukan dengan cara stratified purposive sampling. Pengharkatan meliputi empat belas parameter yaitu : kemiringan, panjang lereng, indeks beban titik, Indeks keausan batuan, pelapisan batuan, tekstur tanah, indek golongan tanah, Permeabilitas, drainase, Kadar air, kedalaman erosi, gerak masa, intensitas hujan, kerapatan aliran. Dari setiap variabel tersebut diharkat mulai dari pengharkatan paling kecil sampai dengan yang terbesar, dari kategori sangat baik sampai dengan kategori sangat jelek. kemudian mengklasifikasikannya ke dalam interval kelas mulai dari interval kelas terendah untuk bangunan jalan yang sangat tidak sesuai sampai dengan interval kelas yang tertinggi untuk bangunan jalan yang sangat sesuai. Hasil penelitian menunjukkan (1). Daerah penelitian terbagi menjadi dua kelompok tingkat kesesuaian medan untuk bangunan jalan. Kelompok satuan medan tingkat sesuai sebanyak 2 satuan medan, kelompok satuan medan tingkat sedang sebanyak 1 satuan medan. Tingkat kesesuaian medan untuk bangunan jalan sesuai terdapat pada satuan medan V81G dengan skor 55, dan F21G dengan skor 56. Tingkat satuan medan sedang terdapat pada satuan medan V8IR dengan skor 45. (2). Faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian medan untuk bangunan jalan pada setiap satuan medan adalah : pada satuan medan V81R meliputi ; pengatusan permukaan, ukuran butir tanah, permeabilitas tanah, indeks golongan, intensitas hujan, indeks beban titik, dan kerapatan aliran. Pada satuan medan V81G adalah ; Pengatusan permukaan, indeks beban titik, Indeks keausan batuan, Perlapisan batuan, ukuran butir tanah dan permeabilitas tanah, indeks golongan, gerak masa, kerapatan aliran, kedalaman erosi dan intensitas hujan dengan nilai sedang. Pada satuan medan F21G adalah ; Pengatusan permukaan, ukuran butir tanah, permeabilitas tanah, indeks beban titik, indeks golongan dan intensitas hujan. (3). Jenis kerusakan jalan pada masing-masing satuan medan adalah ; Pada satuan medan V81R jenis kerusakannya adalah : Jalan bergelombang, terkelupas, retak, ambles, pada satuan medan V81G adalah : Jalan Bergelombang dan retak-retak, pada satuan medan F21G adalah Jalan retak-retak. Hasil akhir dari penelitian ini disajikan dalam peta kesesuaian medan untuk bangunan jalan skala 1 : 60.000

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Medan, Kerusakan Jalan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Metode survey
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 25 May 2009 04:34
Last Modified: 31 Oct 2024 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item