SISTEM PENGENDALI LEVEL DAN VOLUME AIR PADA PROSES PENGISIAN BAK PENAMPUNG AIR MENGGUNAKAN AT89S51 DENGAN PENAMPIL SEGMENT – 7

MARGANINGSIH, FRANSISCA YAYUK (2007) SISTEM PENGENDALI LEVEL DAN VOLUME AIR PADA PROSES PENGISIAN BAK PENAMPUNG AIR MENGGUNAKAN AT89S51 DENGAN PENAMPIL SEGMENT – 7. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_TA.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_TA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB_V_TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Sistem kendali di dunia industri sudah berkembang dengan pesat sebagai akibat dari kebutuhan manusia yang semakin komplek, maka system pengendalian yang dirancang juga semakin komplek, misalnya pengendalian pengisian air dalam sebuah bak penampungan air. Untuk mengetahui karakteristik sistem tersebut perlu dibuat simulator yang terdiri dari 1 buah bak berukuran 10 cm x 10 cm x 30 cm. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang alat simulasi pengendali level air berbasis mikrokontroler AT89S51 dengan tampilan Segment - 7. Dalam perancangan sistem ini, pendeteksian ketinggian level air menggunakan sensor yaitu sensor pelampung. Sensor tersebut mengirimkan data ke mikrokontroler kemudian data tersebut ditampilkan di Segment - 7. Aplikasi sensor tersebut menggunakan komunikasi data serial. Untuk sensor pelampung,keluaran dari pelampung masuk ke ADC (Analog to Digital Converter) yang mengubah sinyal analog ke sinyal digital supaya bisa terbaca oleh penampil Segment – 7. Setelah data ditampilkan di Segment – 7 maka data akan diproses kembali oleh mikrokontroler AT89S51, bila data yang terbaca sudah mencapai batas minimal sesuai dengan pengesetan sebelumnya pada mikrokontroler AT89S51 dengan masukan dari keypad, maka motor akan ON. Sebaliknya bila data yang terbaca sudah mencapai batas maksimal sesuai dengan pengesetan sebelumnya pada mikrokontroler AT89S51 dengan masukan dari keypad, maka motor akan OFF. Dalam pembuatan tampilan aplikasi pada penampil Segment – 7 menggunakan bahasa pemrograman assembly. Dari hasil analisa data didapatkan spesifikasi alat yaitu perubahan minimal yang dapat dilakukan adalah 2 cm, dan perubahan maksimum yang dapat dilakukan adalah 30 cm. Dengan penampil Segment – 7 ini maka level dan volume air dapat dilihat langsung dengan penampil Segment - 7.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler AT89S51, Sensor, ADC, Segment – 7, Assembly.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2011 11:05
Last Modified: 10 Nov 2011 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15416

Actions (login required)

View Item View Item