Apriliana, Estika (2011) HUBUNGAN ANTARA MODAL PSIKOLOGI DENGAN KINERJA GURU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_sampai_abstraksi.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Abstract
Kinerja guru yang tinggi merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap kepala sekolah. Semakin banyak guru yang berkinerja tinggi, maka prestasi sekolah secara keseluruhan akan meningkat dan sekolah akan dapat meningkatkan mutu dalam persaingan dengan sekolah lain. Tinggi rendahnya kinerja guru salah satunya dipengaruhi oleh modal psikologi yang tinggi yang diperoleh dari setiap individu dan lingkungan tempat individu bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan modal psikologi dengan kinerja guru, mengetahui tingkat kinerja guru dan mengetahui tingkat modal psikologi. Hipotesis yang diajukan adala h ada hubungan yang positif antara modal psikologi dengan kinerja guru. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 2 Tawangmangu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik studi populasi, dimana seluruh populasi digunakan sebagai subjek panelitian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan skala modal psikologi dan dokumentasi (DP3) mulai tanggal 11 April 2011 – 16 April 2011. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai korelasi (rxy) sebesar 0,484 dengan p < 0,05 yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara modal psikologi dengan kinerja guru. Modal psikologi pada subyek dalam penelitian ini tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 58,943 dan rerata hipotik sebesar 50 sedangkan kinerja guru pada subyek dalam penelitian ini tergolong sedang yang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 73,260. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara modal psikologi dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi modal psikologi maka semakin tinggi kinerja guru. Modal psikologi tergolong tinggi dan kinerja guru tergolong sedang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011-032 |
Uncontrolled Keywords: | Modal Psikologi, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Nov 2011 09:39 |
Last Modified: | 04 Nov 2011 04:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15337 |
Actions (login required)
View Item |