MINAT MEMBELI SEPEDA MOTOR SUZUKI DITINJAU DARI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PERSEPSI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN

FITRIYANI, EMA FIKA (2008) MINAT MEMBELI SEPEDA MOTOR SUZUKI DITINJAU DARI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PERSEPSI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100030101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Minat merupakan faktor yang kuat dalam diri seseorang untuk menentukan tindakan apa yang akan dilakukannya. Minat seseorang terhadap suatu barang akan menentukan apakah selanjutnya konsumen akan membeli atau tidak produk yang ditawarkan kepadanya. Strategi bauran pemasaran yang tepat dan persepsi orang terhadap keunggulan bersaing merupakan faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara strategi bauran pemasaran dan persepsi terhadap keunggulan bersaing dengan minat membeli. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen sepeda motor bermerk Suzuki pada CV. Tri Megah Sukses Makmur Suzuki Gajah Mada, Batang yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik incidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala minat membeli, skala bauran pemasaran dan skala persepsi terhadap keunggulan bersaing. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,866, Fregresi = 70,629 dengan p >0,01. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifkan antara strategi bauran pemasaran dan persepsi terhadap keunggulan bersaing dengan minat membeli. Dengan demikian variabel strategi bauran pemasaran dan persepsi terhadap keunggulan bersaing dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan minat membeli. Hasil analisis korelasi rpar-x1y sebesar 0,472 dengan p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara strategi bauran pemasaran dengan minat membeli. Semakin tinggi strategi bauran pemasaran maka semakin tinggi minat membeli. Berdasarkan hasil analisis diketahui rerata empirik strategi bauran pemasaran pada subyek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 88,414 dan rerata hipotetik sebesar 90. Persepsi terhadap keunggulan bersaing pada subyek penelitian tergolong sedang, yang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 86,586 dan rerata hipotetik sebesar 87,5. Minat membeli pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 91,986 dan rerata hipotetik 92,5. Kesimpulan yang diperoleh oleh penelitian ini yaitu ada hubungan yang sangat signifikan antara strategi bauran pemasaran dan persepsi terhadap keunggulan bersaing dengan minat membeli, ada hubungan positif yang sangat signifikan antara strategi bauran pemasaran dengan minat membeli. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap keunggulan bersaing dengan minat membeli.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi bauran pemasaran, persepsi terhadap keunggulan bersaing, minat membeli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 May 2009 02:44
Last Modified: 17 Nov 2010 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item