HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X-125

Dhiah, Arifianto Muhammad (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X-125. Diploma thesis, universitas muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Persaingan global menuntut setiap perusahaan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan (customer satisfaction). Dalam menjalankan aktivitas bisnis dan kegiatan usahanya, umumnya yang harus diperhatikan perusahaan dengan orientasi pelanggan atau customer orientation, menyangkut apa yang harus dipuaskan perusahaan terhadap pelanggannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, di antaranya adalah citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk. Citra merek produk yang positif mempresentasikan keseluruhan persepsi dari merek. Citra merek yang baik serta persepsi terhadap kualitas produk yang dapat dipertanggungjawabkan akan menciptakan kepuasan pada konsumen. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Hipotesis yang diajukan terdiri dari hipotesis mayor yaitu ada hubungan antara citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen, dan hipotesis minor yaitu ada hubungan positif antara citra merek dengan kepuasan konsumen dan hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Honda Supra X 125 konsumen AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Taruna Motor Grup Solo sejumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental non random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi terhadap citra perusahaan, skala kualitas pelayanan dan skala kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor diketahui ada hubungan yang sangat signifikan antara citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen, ditunjukkan oleh nilai R = 0,502; Fregresi = 12,158; p < 0,01. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek dengan kepuasan konsumen, ditunjukkan oleh nilai korelasi rx1y-2 = 0,445; p < 0,01. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen ditunjukkan oleh nilai korelasi rx2y-1 = 0,289; p < 0,01. Peranan atau sumbangan efektif citra merek terhadap kepuasan konsumen (SE) = 18,417%, persepsi terhadap kualitas produk (SE) terhadap kepuasan konsumen = 6,828%. Total (SE) = 25,2% yang berarti masih terdapat 74,8% faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di luar variabel citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk seperti daya tahan (durability), pengalaman masa lalu, karakteristik produk, gaya hidup maupun nilai-nilai konsumen. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara citra merek dan persepsi terhadap kualitas produk dengan kepuasan konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CITRA MEREK , PERSEPSI , KUALITAS PRODUK ,KEPUASAN KONSUMEN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Oct 2011 10:49
Last Modified: 28 Oct 2011 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item