MARYONO, MARYONO (2011) KEMANDIRIAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL DI SD ISLAM TERPADU NURUL ISLAM TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (bab.1)
BAB__1.pdf Download (24kB) |
|
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (488kB) |
|
|
PDF (pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (9kB) |
|
PDF (bab.2)
BAB__2.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (bab.3)
BAB__3.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (bab.4)
BAB__4.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (bab.5)
BAB__5.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
PDF (bab.6)
BAB__6.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik kemandirian siswa dalam proses pembelajaran di SD IT Nurul Islam Tengaran. (2) karakteristik desain pembelajaran di SD IT Nurul Islam Tengaran. (3) karakteristik proses pembelajaran full day school di SD IT Nurul Islam Tengaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan wali siswa di SD IT Nurul Islam Tengaran. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu mengumpulka n data secara terus -menerus sampai tuntas hingga datanya jenuh. Tahap-tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data meliputi validitas internal, validitas eksternal, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini adalah Pertama, karakteristik kemandirian siswa adalah mampu memanfaatkan sarana belajar yang ada, menyelesaikan tugas yang diberikan guru, mendukung suasana belajar yang kondusif di kelas, aktif di dalam proses belajar di kelas, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mengerjakan soal sendiri, melaksanakan ibadah harian dengan tertib, menghafal Al Qur’an dengan baik, berbicara dengan tenang; Kedua, karakteristik desain pembelajaran yang meliputi Rencana Pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang menggambarkan aktifitas siswa lebih banyak dibanding guru, pembelajaran riil / nyata, materi dan media pembelajaran di sekitar; Ketiga, karakteristik proses pembelajaran menggambarkan siswa lebih banyak melakukan aktifitas, pembelaja ran berlangsung dengan menyenangkan, memberi pengalaman langsung pada anak
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, pembelajaran, full day school |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Oct 2011 10:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2011 10:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15188 |
Actions (login required)
View Item |