STUDI KEMAMPUAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRI DALAM KAITANNYA DENGAN POLA ASUH DAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DI PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA

MUZAMIL, MUZAMIL (2011) STUDI KEMAMPUAN BERBICARA DAN MENULIS SANTRI DALAM KAITANNYA DENGAN POLA ASUH DAN TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DI PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
02._Cover_(Komplit).pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
03._BAB_I_-_Muzamil.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (pernyataan)
01._Surat_Pernyataan_Publikasi.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (bab.2)
04._BAB_II_-_Muzamil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (bab.3)
05._BAB_III_-_Muzamil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (bab.4)
06._BAB_IV_-_Muzamil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (bab.5)
07._BAB_V_-_Muzamil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan berbicara dan menulis siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. (2) pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap kemampuan berbicara dan menulis siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan (3) pengaruh pola asuh dan tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap kemampuan berbicara dan menulis siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pengelola Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa, sehingga perhatian para pengelola terhadap kreativitas dan efek karakteristik organisasi belajar santri akan lebih ditingkatkan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, karena datanya berupa angka dan analisisnya menggunakan statistik inferensial untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta yang berjumlah 123 orang, sedangkan sesuai dengan tabel penentuan jumlah sampel dengan taraf kesalahan 5%, maka jumlah sampel sebanyak 89 siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua (X1) diperoleh nilai Fhitung sebesar 3,890 dengan signifikansi 0,024. Hal ini berarti pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara dan menulis santri di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta, (2) Tingkat sosial dan ekonomi orang tua (X2) diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,271 dengan signifikansi 0,017. Hal ini berarti tingkat sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara dan menulis santri di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta, dan (3) Interaksi pengaruh antara pola asuh orang tua dengan tingkat sosial dan ekonomi orang tua terhadap kemampuan berbicara dan menulis santri di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,423 dengan signifikansi 0,737. Hal ini berarti interaksi pengaruh antara pola asuh orang tua dengan tingkat sosial dan ekonomi orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara dan menulis santri di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pola asuh, tingkat sosial ekonomi, kemampuan berbicara dan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Oct 2011 10:30
Last Modified: 20 Oct 2011 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15184

Actions (login required)

View Item View Item