HUBUNGAN RELATIONSHIP MARKETING PO NUSANTARA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN

Chasanah, Nur (2011) HUBUNGAN RELATIONSHIP MARKETING PO NUSANTARA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (bap1)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (bap2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (bap3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (bap4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (bap5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (daftarbusaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

Strategi pemasaran senantisa mengalami perkembangan yang sangat pesat. Akan tetapi semua itu belum tentu berorientasi pada kepuasan konsumen. Saat sekarang ini sudah seharusnya perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang jasa menerapkan strategi pemasaran yang berorintasi pada kepuasan konsumen. Karena konsumen merupakan elemen yang paling berperan terhadap mati hidupnya suatu perusahaan jasa. Salah satu cara yang digunakan oleh PO Nusantara untuk menciptakan kepuasan konsumennya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran relationship marketing. Perusahaan jasa ini menyadari strategi pemasaran yang tepat akan dapat mewujudkan kepuasan konsumen yang akhirnya profit dapat terbentuk dengan sendirinya, sehingga PO Nusantara secara tidak langsung telah merubah paradigma lama pada strategi pemasarannya yang semula profit oriented bergeser ke consumen satisfaction oriented. Penelitian yang dilakukan kali ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi pemasaran relationship markering PO Nusantara dengan kepuasan konsumen. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang positif antara relationship marketing dengan kepuasan konsumen. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna jasa PO Nusantara yang berada di agen dan terminal Demak yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incindental non random sampling. Sedangkan instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu skala relationship marketing dan skala kepusan konsumen. Skala relationship marketing memiliki 36 aitem, dan memiliki MERM = 107,342 sedangkan MHRM = 90. Hal ini berarti bahwa tingkat relationship marketing dalam penelitian ini tergolong sedang. Skala kepuasan konsumen terdiri dari 32 aitem, yang memiliki MEKP = 93,000 dan MHKP = 80. Hal ini berarti bahwa tingkat kepuasan konsumen dalam penelitian ini tergolong sedang pula. Hasil analisis product moment menunjukkan korelasi (r) = 0,667 dengan p < 0,01, hal menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara relationship marketing PO Nusantara dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan analisis data diketahui sumbangan efektif relationship marketing PO Nusantara terhadap kepuasan konsumen sebesar 44,50 % hal ini berarti masih ada 55,50 % variabel lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen seperti komunikasi, kebutuhan pribadi, dan pengalaman pribadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara relationship marketing PO Nusantara dengan kepuasan konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: relationship marketing, kepuasan konsumen.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 20 Oct 2011 10:21
Last Modified: 21 Nov 2019 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item