PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMP NEGERI 5 KARANGANYAR

MULADI, SRI (2011) PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMP NEGERI 5 KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_PENDAHULUAN_Pengelolaan_Laboratorium.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_LANDASAN_TEORI_Pengelolaan_Laboratorium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_PAPARAN_&_TEMUAN_Pengelolaan_Laboratorium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V_PEMBAHASAN_Pengelolaan_Laboratorium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_PENUTUP_Pengelolaan_Laboratorium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium IPA dengan sub fokus perencanaan pengadaan alat berbasis teknologi informasi, pengorganisasian laboratorium, pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium dan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan di laboratorium IPA SMP Negeri 5 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi dan lokasi di SMP Negeri 5 Karanganyar. Sumber data penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, guru IPA, tenaga adminstrasi, teknisi laboratorium, dan komite sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah-langkah analisis data: menelaah seluruh data, mengorganisasikan data, reduksi data dan display data. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian: 1)Perencanaan laboratorium IPA sudah secara sistematis tetapi belum selaras dengan kemajuan akademik dibidang teknologi informasi dan komunikasi; 2) Pengorganisasian laboratorium IPA melibatkan guru yang relevan, tenaga administrasi dan teknisi yang memiliki kompetensi sesuai; 3) Pelaksanaan kegiatan di laboratorium berupa eksperimen, demonstrasi dan observasi lingkungan yang meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran; 4) Pengawasan, monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah untuk mendapatkan umpan balik dalam mengatasi kesulitan demi perbaikan pengelolaan laboratorium IPA pada tahun berikutnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011-009
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Laboratorium, IPA, SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2011 09:20
Last Modified: 14 Nov 2011 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item