KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PENYELENGGARAAN KELAS IMERSI DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA

MUNTAMAH, MUNTAMAH (2011) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PENYELENGGARAAN KELAS IMERSI DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik komunikasi pembelajaran dalam penyelenggaraan kelas imersi di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi untuk memahami sudut pandang masyarakat SMA Negeri 4 Surakarta mengenai komunikasi pembelajaran dalam penyelenggaraan kelas imersi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi dalam perencanaan pembelajaran di kelas imersi SMA Negeri 4 Surakarta, yang merupakan program partial late immersion dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran, perangkat pembelajaran juga menggunakan bahasa Inggris dan kegiatan briefing singkat yang dilakukan setiap seminggu sekali yaitu pada hari Senin. 2) Komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu penggunaan buku referensi berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan hasil browsing, fasilitas hampir sama dengan kelas reguler, kegiatan pembentukan kompetensi dilakukan dengan mengutamakan meaning dalam materi pelajaran dan bahasa yang digunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran adalah masalah bahasa dan hal ini diatasi dengan pelatihan bahasa Inggris oleh guru dan siswa. 3) Komunikasi dalam evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi harian dengan pre-test dan post-test, serta evaluasi terjadwal berupa ujian tengah semester dan ujian semester dengan soal berbahasa Inggris. Setelah program imersi ditutup, sisipan soal berbahasa Inggris tetap diberikan dalam evaluasi untuk siswa reguler dengan tujuan memanfaatkan kemampuan yang telah dimiliki.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, pembelajaran, kelas imersi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2011 05:20
Last Modified: 17 Oct 2011 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item