MUNTAMAH, MUNTAMAH (2011) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PENYELENGGARAAN KELAS IMERSI DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik komunikasi pembelajaran dalam penyelenggaraan kelas imersi di SMA Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi untuk memahami sudut pandang masyarakat SMA Negeri 4 Surakarta mengenai komunikasi pembelajaran dalam penyelenggaraan kelas imersi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi dalam perencanaan pembelajaran di kelas imersi SMA Negeri 4 Surakarta, yang merupakan program partial late immersion dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran, perangkat pembelajaran juga menggunakan bahasa Inggris dan kegiatan briefing singkat yang dilakukan setiap seminggu sekali yaitu pada hari Senin. 2) Komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu penggunaan buku referensi berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan hasil browsing, fasilitas hampir sama dengan kelas reguler, kegiatan pembentukan kompetensi dilakukan dengan mengutamakan meaning dalam materi pelajaran dan bahasa yang digunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran adalah masalah bahasa dan hal ini diatasi dengan pelatihan bahasa Inggris oleh guru dan siswa. 3) Komunikasi dalam evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi harian dengan pre-test dan post-test, serta evaluasi terjadwal berupa ujian tengah semester dan ujian semester dengan soal berbahasa Inggris. Setelah program imersi ditutup, sisipan soal berbahasa Inggris tetap diberikan dalam evaluasi untuk siswa reguler dengan tujuan memanfaatkan kemampuan yang telah dimiliki.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, pembelajaran, kelas imersi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2011 05:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2011 05:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15122 |
Actions (login required)
View Item |