DUKUNGAN MONITORING DAN EVALUASI KEPALA SEKOLAH, AKREDITASI SEKOLAH, DAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI UPTD DINAS DIKPORA KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL TAHUN 2008

Yuliningsih, Sri (2011) DUKUNGAN MONITORING DAN EVALUASI KEPALA SEKOLAH, AKREDITASI SEKOLAH, DAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KKG TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI UPTD DINAS DIKPORA KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL TAHUN 2008. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b00_COVER.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b01_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
b02_BAB_II_KAJIAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
b03_BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
b04_BAB_IV__HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
b05_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
b06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan secara bersama-sama monitoring dan evaluasi kepala sekolah, akreditasi sekolah, efektivitas pelaksanaan KKG terhadap kinerja guru SD Negeri di UPTD Dinas Dikpora Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal tahun 2008. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Singorojo sebanyak 260 responden. Sampel penelitian ini diperoleh dari tabel Krejcie sebanyak 155 responden dengan teknik sampling cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk monitoring dan evaluasi kepala sekolah, efektivitas KKG, dan kinerja guru, sedangkan untuk akreditasi sekolah menggunakan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan komputer progra, SPSS 15 baik analisis validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik maupun uji hipotesis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Ada dukungan yang signifikan monitoring dan evaluasi kepala sekolah, akreditasi sekolah, dan efektivitas pelaksanaan KKG secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan taraf signifikansi 0,00 dan persamaam regresi Ŷ = 63,679 + 0,224X1 + 18,025X2 +0,305X3. Dukungan yang diberikan ketiga variabel bebas kepada kinerja guru sebasar 36,4%, (2) Ada dukungan yang signifikan monitoring dan evaluasi kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ditandai dari perolehan uji t sebasar t1 = 2,442 > 2 dengan taraf signifikansi 0,016, (3) Ada dukungan yang signifikan akreditasi sekolah terhadap kinerja guru yang ditandai dari perolehan uji t sebasar t2 = 5,917 > 2 dengan taraf signifikansi 0,000, (4) Ada dukungan yang signifikan efektivitas pelaksanaan KKG terhadap kinerja guru yang ditandai dari perolehan uji t sebasar t3 = 2,894 > 2 dengan taraf signifikansi 0,004. Model regresi (Goodness of Fit Test) yang digunakan cukup tepat/baik, yang ditandai dari R2 = 0,364 / 36,4% dan uji F sebesar 228,762. Semua data penelitian memenuhi uji asumsi klasik sehingga bersifat BLUE (Best, Linear, Unbiased, Estimator), yang ditandai: (1) model regresi merupakan hubungan linear dalam parameter, (2) nilai X tetap dalam sampling yang diulang-ulang, (3) tidak ada otolorelasi, (4) variabel X memiliki variabilitas, (5) model regresi secara benar terspesifikasi, (6) tidak ada multikolinearitas antara variabel X1, X2, dan X3.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Monitoring dan Evaluasi, Akreditasi, KKG, dan Kinerja Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2011 04:59
Last Modified: 17 Oct 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item