NOERDJANAH, NOERDJANAH (2011) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN BILINGUAL (STUDI SITUS SMA BATIK 1 SURAKARTA). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Muka.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan karakteristik penerapan media pembelajaran bilingual pada pembelajaran sains di SMA Batik 1 Surakarta; 2) mendeskripsikan karakteristik interaksi guru dan siswa dengan media pembelajaran bilingual di SMA Batik 1 Surakarta; dan 3) mendeskripsikan karakteristik pengawasan media pembelajaran bilingual pada pembelajaran sains di SMA Batik 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan (field research ) dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilakukan di SMA Batik 1 Surakarta. Sumber data yang digunakan adalah data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang karakteristik sekolah dan gambaran umum pembelajaran Pendidikan Sains. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMA Batik 1 Surakarta. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) karakteristik penerapan media pembelajaran bilingual pada pembelajaran Pendidikan Sains di kelas X RSBI SMA Batik I Surakarta dilakukan melalui persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; (2) karakteristik interaksi guru dan siswa dengan media pembelajaran bilingual dalam pembelajaran Pendidikan Sains di kelas X RSBI SMA Batik I Surakarta meliputi adanya ketidakpahaman siswa bila guru mengajarkan Pendidikan Sains dengan menggunakan Bahasa Inggris, lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran, siswa kurang mampu memahami materi jika Guru Pendidikan Sains menggunakan Bahasa Inggris, siswa lebih aktif jika Guru Pendidikan Sains menerangkan materi dengan menggunakan Bahasa Indonesia ; dan (3) karakteristik pengawasan media pembelajaran bilingual pada pembelajaran sains di kelas X RSBI SMA Batik I Surakarta melalui penanganan kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan bilingual dalam pembelajaran Pendidikan Sains. Penanganannya meliputi: memotivasi siswa, pemberian vocab kepada siswa dengan Bahasa Inggris, membuat buku pedoman Pendidikan Sains dengan bilingual, penggunaan metode pembelajaran yang variatif dan media berbasis IT, serta melakukan program G-SPOT On Line melalui radio, siswa aktif bertanya langsung kepada Guru Pendidikan Sains maupun kepada teman yang dianggap mampu, serta melakukan les privat Bahasa asing.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan , media pembelajaran, pembelajaran bilingual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2011 04:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2011 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15118 |
Actions (login required)
View Item |