FAULITA , KOMUSTI RENDRA (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (375kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Komusti Rendra Faulita, A410070288, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 86 Halaman Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep logika matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X EB SMK Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 33 siswa, sedangkan objek penelitian adalah pemahaman konsep. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan pemahaman konsep logika matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep yang meliputi: 1) mengajukan pertanyaan atau tanggapan di kelas sebelum tindakan 12,1%, putaran I 21,2%, putaran II 27,2% dan di akhir tindakan 39,3%, 2) mendefinisikan konsep atau menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 9,09%, putaran I 12,1%, putaran II 30,3% dan pada akhir tindakan 36,3%, 3) membedakan contoh dan bukan contoh sebelum tindakan 27,2%, putaran I 36,3%, putaran II 51,5% dan pada akhir tindakan 60,6%, 4) memecahkan masalah berkenaan konsep sebelum tindakan 36,3 %, putaran I 45,4%, putaran II 51,5% dan di akhir tindakan 66,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep logika matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Pendekatan SAVI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 09:53 |
Last Modified: | 13 Oct 2011 09:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15092 |
Actions (login required)
View Item |