PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN KELAS GURU-GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN DEMAK

Cahyo, Babare Suryo (2011) PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN KELAS GURU-GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover,DaftIsi,dll_BABARE2011_pdf.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I_BABARE2011_pdf.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II_BABARE2011_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III_BABARE2011_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV_BABARE2011_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V_BABARE2011_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Babare2011_pdf.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang terjadi di lapangan yang menunjukkan para guru belum melaksanakan dengan baik penilaian kelas pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis pengaruh persepsi guru tentang supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah, penerapan strategi pembelajaran, dan budaya sekolah terhadap penerapan penilaian kelas. Populasi penelitian sebanyak 1149 guru, untuk uji coba instrumen sebanyak 43 guru, dan sampel sebanyak 265 guru. Pengumpulan data menggunakan 4 instrumen yaitu Penerapan Penilaian Kelas (Y), Persepsi Tentang Supervisi Kepala Sekolah (X1), Penerapan Strategi Pembelajaran (X2), dan Budaya Sekolah (X3). Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha dari Cronbach, dengan syarat valid dan reliabel yang harus dipenuhi. Uji hipotesis menggunakan rumus regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, normalitas, linieritas, heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan otokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan persepsi tentang supervisi kepala sekolah, penerapan strategi pembelajaran, dan budaya sekolah terhadap penerapan penilaian kelas. Dengan model regresi, terbukti bahwa variabel bebas dapat dipakai untuk memprediksi variabel terikat, atau dapat dikatakan bahwa hasil analisis regresi menunjukan model sudah tepat. Variabel yang dipilih pada variabel independen yaitu persepsi tentang supervisi kepala sekolah, penerapan strategi pembelajaran, dan budaya sekolah dapat menerangkan variasi variabel penerapan penilaian sebesar 67,7 %, sedangkan sisanya 32,3 % diterangkan oleh variabel lain. Pengujian pengaruh persepsi tentang supervisi kepala sekolah terhadap penerapan penilaian kelas diperoleh nilai thitung = 12,578 dan p = 0,000. Ternyata nilai p < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh positif yang signifikan persepsi tentang supervisi kepala sekolah terhadap penerapan penilaian kelas. Pengujian pengaruh variabel penerapan strategi pembelajaran terhadap penerapan penilaian kelas diperoleh nilai thitung = 3,019 dan p = 0,003. Nilai p < 0,05, maka Ho ditolak. Jadi, ada pengaruh positif yang signifikan penerapan strategi pembelajaran terhadap penerapan penilaian kelas. Pengujian pengaruh variabel budaya sekolah terhadap penerapan penilaian kelas diperoleh nilai thitung = 1,987 dan p = 0,048. Nilai p < 0,05, maka Ho ditolak. Jadi, ada pengaruh positif signifikan budaya sekolah terhadap penerapan penilaian kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Penilaian, Persepsi, Supervisi, Kepala Sekolah, Strategi Pembelajaran, Budaya Sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Oct 2011 05:13
Last Modified: 21 Nov 2019 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item