PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DI SMPN I TAWANGMANGU TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 (Studi Situs SMPN I Tawangmangu)

Haryadi, Sugeng (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DI SMPN I TAWANGMANGU TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 (Studi Situs SMPN I Tawangmangu). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COver_depan.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan karakteristik tindak mengajar guru pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Tawangmangu, (2) Mendeskripsikan tindak belajar siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Tawangmangu (3) Mendeskripsikan interaksi pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Tawangmangu, dan (4) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Tawangmangu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah : 1) Tindak mengajar guru meliputi perencanaan lingkungan pembelajarn IPA, membuat perangkat pembelajaran, pemilihan sumber dan media pembelajaran, pemilihan metode dan strategi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan evaluasi pembelajaran 2) Karakteristik tindak belajar siswa meliputi komponen pembelajaran kontekstual yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. 3) Interaksi dalam pembelajaran IPA adalah kegiatan tatap muka, kegiatan tugas terstruktur dan tak terstruktur. Interaksi dalam kelas meliputi kegiatan pembuka atau apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 4) Kendala-kendala dalam alokasi waktu, kendala media pembelajaran, kendala motivasi siswa, dan kendala tindak lanjut setelah evaluasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:59
Last Modified: 12 Oct 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item