PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SLB MUHAMMADIYAH SINDURJAN PURWOREJO

M U D J I Y O N O, M U D J I Y O N O (2011) PENGELOLAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SLB MUHAMMADIYAH SINDURJAN PURWOREJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] PDF (Ringkasan)
RINGKASAN_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)

Abstract

upervisi pembelajaran di SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo (Studi Situs SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo) yang dijabarkan menjadi tiga sub. (1) Karakteristik perencanaan supervisi pembelajaran di SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo, (2) Karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran di SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo, (3) Karakteristik umpan balik supervisi pembelajaran di SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua jurusan dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Pengumpulan data untuk memperoleh data empirik tentang pengelolaan supervisi pembelajaran di SLB Muhammadiyah Sindurjan Purworejo. Teknik analisis data menggunakan model analisis deskriptif yang tertata menurut situs. Penelitian ini menemukan fakta empirik sebagai berikut: (1) Karakteristik perencanaan program supervisi pembelajaran belum dibuat secara rutin setiap tahun, belum merefleksikan subtansi perencanaan yang baik dan komprehensip, belum menyentuh aspek penetapan prosedur, program, tujuan dan jadwal pelaksanaan, serta penyusunan program belum melibatkan semua komponen sekolah yang ada. (2) Karakteristik pelaksanaan supervisi pembelajaran untuk menilai Rencana Program Pembelajaran guru, performen guru pada waktu kegiatan pembelajaran di kelas, penggunaan metode/media pembelajaran, serta administrrasi lain belum dilaksanakan dengan baik, serta kelengkapan supervisi yang berupa Instrumen supervisi maupun catatan khusus belum dibuat secara lengkap; (3) Karakteristik umpan balik supervisi pembelajaran belum dilakukan melalui pendekatan yang kontektual, yaitu sesuai dengan karakteristik individual masing-masing guru dan tingkat permasalahannya, Kata kunci: Karakteristik, pengelolaan, supervisi, pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, pengelolaan, supervisi, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 10 Oct 2011 09:47
Last Modified: 24 Oct 2018 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item