SULARDI, SULARDI (2010) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, KECAKAPAN BERKOMUNIKASI DAN RELASI SOSIAL TERHADAP LIFE SKILL SISWA SMK PANCASILA 6 JATISRONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (614kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (312kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
Abstract
Kurikulum berbasis kompetensi adalah acuan untuk menyelenggarakan pendidikan pada tiap jenjang pendidikan. Pendidikan berbasis kompetensi adalah pendidikan yang menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, mencakup komponen pengetahuan, keterampilan, kecakapan, kemandirian, kreatifitas, kesehatan, akhlak, ketakwaan, dan kewarganegaraan. Sedangkan implikasi penerapan pendidikan berbasis kompetensi adalah perlunya pengembangan silabus dan sistem penilaian yang menjadikan peserta didik mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standar yang ditetapkan dengan mengintegrasikan life skill (Depdiknas, 2003, Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi, kemampuan berkomunikasi, dan relasi sosial terhadap life skill siswa. Teknik analisis data dalam tesis ini digunakan analisis regresi ganda menggunakan program komputer SPSS 15. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y=0,753+0,139X1+0,292X2+0,544X3+e. Diperoleh hasil thitung variabel motivasi berprestasi terhadap life skill siswa sebesar 2,439. Nilai thitung (2,439) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi (X1) terhadap life skill siswa (Y). Uji t variabel kecakapan berkomunikasi terhadap life skill siswa sebesar 4,490. Nilai thitung (4,490) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kecakapan berkomunikasi (X2) terhadap life skill siswa (Y). Uji t variabel relasi sosial terhadap life skill siswa sebesar 6,431. Nilai thitung (6,431) > ttabel (2,001), maka kesimpulannya adalah menolak H0 dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara relasi sosial (X3) terhadap life skill siswa (Y). Berdasarkan hasil uji t ini maka variabel relasi sosial merupakan variabel yang dominal terhadap life skill siswa. Sedangkan dari uji F diperoleh Fhitung sebesar 229,527 dengan angka signifikan 0,000, sehingga nilai Fhitung (229,527) > Ftabel (2,60) maka H0 ditolak dan menerima H1 yaitu ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi, kecakapan berkomunikasi, dan relasi sosial berpengaruh terhadap life skill siswa. Berdasarkan hasil perhitungan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif maka variabel relasi sosial memiliki pengaruh yang lebih besar (dominan) terhadap life skill siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Life Skill, Motivasi Berprestasi, Kecakapan Berkomunikasi, Relasi Sosial, SMK Pancasila 6 Jatisrono. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 06:16 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15039 |
Actions (login required)
View Item |