Izudin, Mokh. (2011) PENGELOLAAN SEKOLAH BERBASIS ISO 9001: 2000 DI SMK NEGERI 2 KENDAL. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mengkaji karakteristik pengelolaan dalam mempersiapkan sekolah berbasis ISO 9001: 2000 di SMK Negeri 2 Kendal; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dalam pelaksanaan pengelolaan sekolah berbasis ISO 9001: 2000 di SMK Negeri 2 Kendal; dan (3) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam evaluasi pengelolaan sekolah berbasis ISO 9001: 2000 di SMK Negeri 2 Kendal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Sumber data berasal dari komponen-komponen sekolah yaitu kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam (in depth interview) dan pengkajian dokumen. Ada empat komponen analisis yang dilakukan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Penentuan keabsahan data (trust worthiness) pada penelitian kualitatif, derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi sekolah Berbasis ISO 9001:2000 di SMK Negeri 2 Kendal diketahui bahwa SMK Negeri 2 Kendal telah menggunakan model KTSP Spektrum yang didalamnya terdapat empat penekanan yaitu Pembelajaran berbahasa inggris yang disebut Englishday, peserta didik terutama kelas X dan XI diwajibkan untuk berperan serta dalam kewirausahaan, Pembelajaran berbasis teknologi (IT), dan penambahan jam belajar untuk matematika yang semula hanya 4 jam sekarang menjadi 7 jam di setiap program keahlian. SMK Negeri 2 Kendal juga selalu mengadakan sinkronisasi kurikulum dengan DU/DI; (2) beberapa faktor pendorong dalam Implementasi sekolah Berbasis ISO 9001:2000ISO 9001: 2000 di SMK Negeri 2 Kendal, yaitu adanya permintaan dari Dirjen Disdakmen, Adanya sumber dana, Adanya komitmen dan kesadaran bersama untuk meningkatkan kualitas sekolah, ���� Adanya SDM yang berkualitas; dan (3) Kendala-kendala yang dihadapi oleh SMK Negeri 2 Kendal dalam memberdayakan sekolahnya melalui ISO 9001:2000, antara lain Kurangnya partisipasi, Kurangnya SDM di SMK Negeri 2 Kendal dalam pelaksanaan sekolah berbasis ISO 9001:2000 tersebut berdampak pada perangkapan tugas dan wewenang sehingga tidak jarang terjadi konflik. Adanya beberapa kinerja dari guru dan karyawan di SMK Negeri 2 Kendal yang kurang baik sehingga sekolah perlu meningkatkan pengawasan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Sekolah, Berbasis ISO 9001: 2000 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Oct 2011 09:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2011 09:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15014 |
Actions (login required)
View Item |