RUSMIYANTO, RUSMIYANTO (2011) PENGELOLAAN PROGRAM AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (39kB) |
|
|
PDF (bap1)
BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (bap2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (bap3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (bap4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (bap5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (bap6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meneliti (1) Persiapan penyelenggaraan program akselerasi di SMAN 1 Semarang, dan (2) Penyelenggaraan program akselerasi di SMAN 1 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMAN 1 Semarang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Persiapan penyelenggaraan program akselerasi di SMAN 1 Semarang sudah dilakukan dengan tahap-tahap yang cukup baik dan sistematis. Tahap-tahap tersebut,, yaitu dengan membentuk Tim Pengembang Kelas Akselerasi. Tim Pengembang melakukan studi banding ke sekolah-sekolah yang telah menyelenggarakan akselerasi. Kemudian pihak sekolah mengadakan In House Training (IHT) dengan mengundang narasumber yang berisi tentang penyelenggaraan program akselerasi. Setelah itu, melakukan seleksi calon guru akselerasi, menyusun Program Kerja, RAPBS ,dan Kalender Pendidikan. Tahap terakhir mestinya pengajuan proposal izin penyelenggaraan program akselerasi, tetapi hal itu tidak dilakukan .Proposal baru diajukan setelah PPD siswa Akselerasi. (2) Penyelengaraan program akselerasi di SMAN 1 Semarang secara keseluruhan cukup baik, namun perlu ditingkatkan. Seleksi administrasi nilai Ujian Nasional, rata-rata rapor, dan tes kemampuan akademik, dengan nilai ratarata minimal 80,00 sebaiknya diterapkan secara lebih konsisten. Tes psikologis sudah dilakukan dengan skala Weislehr secara multidimensi, meliputi tes IQ, Kreativitas, dan Komitmen terhadap Tugas. Tenaga pengajar berkualifikasi minimal S-1 dan mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan telah mengajar minimal 3 tahun , kecuali guru mata pelajaran Sosiologi belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Kurikulum yang dgunakani, yaitu KTSP dan alokasi waktunya dipersingkat, standar isinnya dipadatkan (compacting curriculum). Sarana prasarana di kelas akselerasi sudah cukup ideal, seperti ruang kelas yang ber- AC, 1 meja 1 kursi per siswa, multimedia dengan jaringan komputer dan internet, LCD, white board, dispencer, dan loker per siswa, tetapi televisi, tape recorder, dan VCD belum tersedia seperti yang tertulis di proposal atau pun leaflet PPD. Layanan pembelajaran khusus ideal dan bervariatif, seperti outdoor study, bakti sosial, outbond, mengundang pengajar dosen tamu berjalan dengan baik meskipun hanya sampai semester ketiga saja. Kemudian mengundang narasumber asli , ESQ, dan studi wisata dengan siswa reguler sebagai ajang bersosialisasi
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persiapan, penyelenggaraan, program akselerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 06 Oct 2011 10:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2011 10:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15008 |
Actions (login required)
View Item |