UJI EFEK TONIKUM INFUSA DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus) JANTAN GALUR Swiss Webster

Asriani, Jauhar Arty (2011) UJI EFEK TONIKUM INFUSA DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus) JANTAN GALUR Swiss Webster. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Latar Belakang: Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) merupakan tanaman yang mempunyai efek tonikum yaitu efek yang memacu dan memperkuat semua sistem dan organ serta menstimulasi perbaikan sel-sel tonus otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek tonikum infusa daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap mencit putih jantan galur Swiss Webster dan pengaruh kenaikan dosis infusa daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap efek tonikum mencit putih jantan galur Swiss Webster. Metode: Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorium. Hewan uji yang digunakan adalah 35 ekor mencit putih jantan galur Swiss Webster berumur 2-3 bulan, berat 20-30 g, dibagi 7 kelompok (masing-masing kelompok 5 mencit). Penambahan waktu lelah mencit diukur dengan menghitung selisih antara waktu lelah mencit setelah perlakuan dengan waktu lelah mencit sebelum perlakuan. Setelah didapatkan hasil rata-rata penambahan waktu lelah selanjutnya dianalisis dengan ANOVA serta dilanjutkan dengan LSD (Least Significant Difference). Hasil: Hasil uji ANOVA menunjukkan perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan dengan nilai signifikansi 0,015. Hasil uji LSD antara kontrol (-) dengan infusa daun binahong konsentrasi 5%, 10% dan 20% menunjukkan nilai p yang tidak signifikan sedangkan kontrol (-) bila dibandingkan dengan kontrol (+), infusa daun binahong konsentrasi 40% dan 80% menunjukkan nilai p yang signifikan. Kesimpulan: Hasil penelitian disimpulkan bahwa infusa daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) konsentrasi 40% dengan dosis 10g/kgBB dan konsentrasi 80% dengan dosis 20g/kgBB mempunyai efek tonikum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: infusa, daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis), tonikum
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Oct 2011 05:23
Last Modified: 05 Oct 2011 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

View Item View Item