HUBUNGAN INSOMNIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KLATEN

Biasrie, Meira Oka (2011) HUBUNGAN INSOMNIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_depan.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Insomnia ialah ketidakmampuan untuk memulai tidur atau mempertahankan keadaan tidur. Hal ini biasanya timbul sebagai gejala suatu gangguan yang mendasarinya seperti kecemasan, depresi atau gangguan emosi lain yang terjadi dalam hidup manusia. Masalah kehilangan waktu tidur pada pelajar diketahui dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam menerima tugas yang melibatkan memori, belajar, dan berpikir yang logis. Hal ini bisa menjadi faktor tidak tercapainya target-target pekerjaan, tugas akademis dan menurunnya prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan insomnia dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Klaten. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah kepada pembaca mengenai hubungan antara insomnia dengan prestasi belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Klaten. Teknik sampling dengan total sampling. Keseluruhan sampel berjumlah 141 orang, tetapi yang memenuhi kriteria restriksi dan bersedia mengikuti penelitian berjumlah 106 orang. Hasil penelitian dari instrumen penelitian berupa skala L-MMPI dan Insomnia Rating Scale yang kemudian di uji dengan Chi – Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara insomnia dengan prestasi belajar, karena didapatkan nilai X² hitung sebesar 4,530 dan untuk signifikansinya didapatkan angka probabilitas sebesar 0,033. Dari angka probabilitas tersebut dapat diketahui bahwa hubungan tersebut berhubungan secara signifikan oleh karena angka tersebut < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Insomnia, Prestasi Belajar, Uji Chi - Square
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Oct 2011 10:33
Last Modified: 19 Nov 2019 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14906

Actions (login required)

View Item View Item