ANALISA KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN BUS PO. SRIMULYO JURUSAN SURAKARTA - YOGYAKARTA

WIRYAWAN , WIRYAWAN (2006) ANALISA KINERJA DAN PENETAPAN TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN BUS PO. SRIMULYO JURUSAN SURAKARTA - YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab1.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kinerja bus jurusan Surakarta-Yogyakarta, khususnya PO. Srimulyo. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa kinerja angkutan umum penumpang (bus) Surakarta-Yogyakarta ditinjau dari aspek pelayanan dan aspek ekonomis, antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, factor beban (load factor), waktu antara (time headway), BOK, dan tarif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai untuk mendapatkan data sekunder dilaksanakan pada hari Senin,12 Juni 2006 dan Sabtu,17 Juni 2006.Sedangkan data primer dilaksanakan pada hari Senin 2 Juni 2006,.Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik turun, waktu penumpang naik turun, time headway, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal, jam berangkat dan jam tiba serta tarif di lapangan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadual pemberangkatan bus jurusan Surakarta – Yogyakarta dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Surakarta, harga satuan komponen Biaya Operasi Kendaraan serta tarif dasar angkutan umum dari DLLAJ. Analisis yang dilakukan didasarkan pada pedoman teknis penyelenggaraan angkutan umum dalam trayek tetap dan teratur. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja bus jurusan Surakarta – Yogyakarta khususnya PO. Srimulyo belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata sebesar 49.83 km/jam, waktu sirkulasi PO. Srimulyo sesuai hasil perhitungan sebesar 206.76 menit, load factor PO. Srimulyosebesar 50%, apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70% - 100% maka load factor PO. Srimulyo tidak memenuhi standar, time headway PO. Srimulyo di lapangan sebesar 17.11 menit, BOK untuk PO. Srimulyo sebesar Rp 2.958,89/km, tarif/penumpang di lapangan sebesar Rp 8500 tarif sesuai BOK sebesar Rp. 9.040,54.-. Dari hasil analisi tersebut, dapat dilihat bahwa kinerja PO. Srimulyo tidak layak bila ditinjau dari aspek ekonomis perusahaan, karena dengan tarif tersebut pemilik Perusahaan Otobus mengalami kerugian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisa, Kinerja, Angkutan Umum
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 11:09
Last Modified: 11 Jan 2012 11:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item