PERBEDAAN DERAJAT DEPRESI IBU DARI PENDERITA SKIZOFRENIA RAWAT INAP DENGAN IBU DARI PENDERITA SKIZOFRENIA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

NOOR , NYDA CHAERIN (2011) PERBEDAAN DERAJAT DEPRESI IBU DARI PENDERITA SKIZOFRENIA RAWAT INAP DENGAN IBU DARI PENDERITA SKIZOFRENIA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
NYDA-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
NYDA-1.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
NYDA-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
NYDA-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
NYDA-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
NYDA-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
NYDA-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
NYDA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Nyda Chaerin Noor. J500070046. 2011. Perbedaan derajat depresi ibu dari penderita skizofrenia rawat inap dengan ibu dari penderita skizofrenia rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Depresi adalah suatu ganguan perasaan (mood) yang disertai komponen psikologik misalnya rasa sedih, susah, tidak ada harapan, putus asa dan komponen somatik misalnya anoreksi, konstipasi, keringat dingin. Depresi tidak mengenal batas umur, gangguan mental emosional ini bisa terjadi pada siapa saja, dari kelompok sosial mana saja, dan pada segala rentang usia dan perbandingan perempuan dengan laki-laki adalah 2:1. Skizofrenia tidak hanya menimbulkan penderitaan bagi individu penderitanya, tapi juga bagi orang-orang yang terdekat kepadanya. Biasanya, keluargalah yang paling terkena dampak dari hadirnya skizofrenia di keluarga mereka. Mengingat skizofrenia cenderung untuk dialami seorang pasien dalam jangka waktu yang panjang. Seorang ibu merasa sangat tertekan ketika harus melihat anaknya kesakitan karena penyakitnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan derajat depresi ibu dari penderita rawat inap dengan ibu dari penderita skizofrenia rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala L-MMPI dan Beck Depression Inventory (BDI). Sampel dalam penelitian berjumlah enam puluh orang. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji Chi-Square. Didapatkan nilai X2 hitung sebesar 4,800. Nilai ini lebih besar bila dibandingkan dengan X2 tabel dengan signifikasi 5% yaitu sebesar 3,841. Oleh karena X2 hitung > X2 tabel (4,800 > 3,841) dan P value (0,028 < 0,05) maka hipotesa H1 dapat diterima yaitu dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan derajat depresi ibu yang anaknya menderita skizofrenia yang dirawat inap dan dirawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta, dimana ibu dari penderita skizofrenia rawat inap lebih depresi dari pada ibu dari penderita skizofrenia rawat jalan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Depresi ibu, Skizofrenia, Rawat inap, Rawat jalan, BDI
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 10:17
Last Modified: 30 Sep 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item View Item