KHUSNUDDIN, MUHAMMAD (2011) MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAK ANAK YATIM (Studi Kasus di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (570kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (260kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Download (732kB) |
Abstract
Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar adalah panti asuhan yang telah melaksanakan manajemen pendidikan di dalam mendidik akhlak anak yaitm agar supaya dapat berperilaku baik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Manfaat dari itu adalah pengasuh tidak disibukkan mengingatkan anak untuk melakukan tugas-tugas pribadi dan kelompok karena adanya kesadaran terhadap konsekuensi jadwa kegiatan yang ada. Namun begitu, mendidik dan mengasuh anak yatim untuk menjadi seorang yang berakhlak mulia bukanlah suatu perkara yang mudah, hal itu dikarenakan tidak adanya orang tua yang menjadi panutan keluarga sekaligus menjadi pemimpin dan pendidik Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengangkat rumusan masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan akhlak anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan akhlak anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen akhlak anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan akhlak anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah Banyuanyar Surakarta. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam manajemen pendidikan akhlak anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putra Nur Hidayah, pengasuh telah melaksanakan empat fungsi manajemen pendidikan, yaitu (1) Perencanaan, yaitu merencanakan pendidikan akhlak dalam kegiatan sehari-hari dalam bentuk penjadwalan. Namun hal tersebut menurut penulis belum cukup karena pendidikan harus mempunyai sebuah kurikulum yang realistis sehingga dalam pelaksanaannya dapat terukur dengan baik; (2) pelaksanaan, yaitu melaksanakan pendidikan akhlak dalam bentuk kajian bersama maupun memberikan arahan dalam setiap aktivitas sehari-hari; (3) Pengorganisasian, yaitu mengelompokkan pendidikan akhlak anak menurut tingkat pendidikan mereka sekaligus mengorganisasi anak asuh senior untuk membimbing adik asuh mereka; (4) Evaluasi, yaitu adanya penilaian dalam setiap aspek kegiatan dan adanya kerja sama dengan wali anak untuk ikut serta dalam memberi arahan dan nasehat. Merupakan kendala dalam manajemen pendidikan akhlak anak yatim yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang berdampak kurang optimalnya dalam pengawasan dan pendampingan anak asuh sehingga masih adanya anak yang kurang istiqomah dalam melaksanakan sholat berjama’ah di masjid.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mendidik akhlak anak yaitm |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 30 Sep 2011 02:55 |
Last Modified: | 30 Sep 2011 13:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14832 |
Actions (login required)
View Item |