FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHADIRAN ANAK BALITA DALAM PENIMBANGAN POSYANDU DI DESA CEPER KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

ROSIHAN , MOHAMAD (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHADIRAN ANAK BALITA DALAM PENIMBANGAN POSYANDU DI DESA CEPER KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Cover.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

MOHAMAD ROSIHAN. J310090214 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEHADIRAN ANAK BALITA DALAM PENIMBANGAN POSYANDU DI DESA CEPER KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH Latar Belakang : Pemantauan berat badan balita akan berhasil dengan baik apabila ada partisipasi aktif dari masyarakat yang ditandai dengan tingkat kehadiran ibu-ibu di posyandu. Bentuk partisipasi masyarakat yang membawa balita datang ke posyandu Di Kabupaten Klaten pada tahun 2009 cakupan partisipasi masyarakat ke penimbangan sebesar 79,47%, di Kecamatan Ceper 67,2%, sedangkan cakupan penimbangan terendah terdapat di Desa Ceper sebesar 31,2 %, sehingga masih di bawah standar pelayanan minimal. Tujuan : mengetahui hubungan antara umur balita, pendidikan ibu, jumlah anak dan pengetahuan ibu dengan kehadiran anak balita di posyandu di Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan rancangan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 80 orang. Data karakteristik responden, umur balita, pendidikan ibu, jumlah anak dan pengetahuan ibu serta kehadiran anak balita di posyandu diperoleh dengan kuesioner. Uji statistik untuk mengetahui hubungan di antara variabel menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil : Hasil uji statistik hubungan antara umur balita dengan kehadiran anak balita di posyandu nilai p = 0,721, hubungan pendidikan ibu dengan kehadiran anak balita di posyandu nilai p = 0,818, hubungan jumlah anak dengan kehadiran anak balita di posyandu nilai p= 0,980 dan pengetahuan ibu dengan kehadiran anak balita di posyandu nilai p= 0,106 Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang bermakna antara umur anak balita, pendidikan ibu, jumlah anak, pengetahuan ibu dengan kehadiran anak balita di posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: umur balita, pendidikan ibu, jumlah anak, pengetahuan ibu, kehadiran di posyandu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 09:55
Last Modified: 14 Sep 2022 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item