HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI BIDAN DESA DENGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2011

Kusumawijayanti, Yunike Isna (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI BIDAN DESA DENGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB___1.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB___2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB___3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB___4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB___5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB___6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Blora tahun 2009 masih ada yaitu 157,39/100.000 kelahiran hidup dan 10,59/1.000 kelahiran hidup dan kualitas pelayanan ANC tergolong dalam kategori cukup. Kualitas pelayanan ANC dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan ANC dan motivasi bidan desa dalam memberikan pelayanan ANC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan motivasi bidan desa dengan kualitas pelayanan ANC di Kabupaten Blora tahun 2011. Peneltian dilakukan pada enam puskesmas di wilayah Kabupaten Blora. Rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Sampel penelitian adalah bidan desa yang bertugas di Kabupaten Blora dengan pengambilan sampel dilakukan secara Multistage Random Sampling sebanyak 77 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengetahuan responden tentang ANC dalam kategori sedang (72%), motivasi kategori cukup (78%), kualitas pelayanan ANC kategori cukup (75%). Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat pada nilai r = 0,482 antara pengetahuan ANC dengan kualitas pelayanan ANC dengan nilai p = 0,001 dan terdapat hubungan yang cukup kuat pada nilai r = 0,448 antara motivasi dengan kualitas pelayanan ANC dengan nilai p = 0,001 pada bidan desa di Kabupaten Blora. Dinas Kesehatan perlu mengadakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan sebaiknya meningkatkan fungsi pengawasan dan bimbingan teknis untuk meningkatkan motivasi kerja dan kualitas pelayanan kesehatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Motivasi, Kualitas Pelayanan ANC Kepustakaan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 29 Sep 2011 09:57
Last Modified: 29 Sep 2011 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item View Item