PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG KEAMANAN MAKANAN JAJANAN SEKOLAH SETELAH MENDAPAT PENYULUHAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERBEDA

HAMIDA., KHAIRUNA (2011) PERBEDAAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG KEAMANAN MAKANAN JAJANAN SEKOLAH SETELAH MENDAPAT PENYULUHAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Survei awal di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta menunjukkan tingkat pengetahuan siswa tentang keamanan makanan jajanan sekolah masih rendah sebesar 55%. Oleh karena itu diperlukan strategi atau metode yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan tentang keamanan makanan jajanan sekolah pada siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan pengetahuan siswa tentang keamanan makanan jajanan sekolah setelah mendapatkan penyuluhan dengan menggunakan strategi berbeda. Jenis penelitian ini adalah research and development dan pada saat implementasi jenis penelitiannya adalah quasy experiment dengan rancangan pretest posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta dan SD Al-Irsyad yang berjumlah 116 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 70 sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon terlihat bahwa terdapat peningkatan pengetahuan, dimana p= 0,000 kurang dari 0,05 berarti ada pengaruh setelah diberikan intervensi. Untuk melihat perbedaan selisih peningkatan pengetahuan antara kedua kelompok tersebut dengan uji Mann Whitney dengan hasil p= 0,000 lebih kecil dari p= 0,05 yang berarti ada perbedaan antara kedua kelompok, dimana kelompok ceramah dengan media komik lebih baik peningkatan pengetahuannya dibandingkan kelompok ceramah tanpa media komik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komik, keamanan makanan jajanan, pengetahuan siswa
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2011 09:00
Last Modified: 29 Sep 2011 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item View Item