NURYATI , NURYATI (2011) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA STUNTED DAN NON-STUNTED DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANYURIP I, II DAN III KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (880kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
Abstract
Pendahuluan : Kelompok anak usia sekolah dasar merupakan golongan penduduk yang berada pada masa pertumbuhan yang cepat dan aktif. Dalam kondisi ini anak harus mendapatkan gizi dalam kuantitas dan kualitas yang cukup. Kekurangan gizi kronis dapat menyebabkan pertumbuhan badan terhambat (stunted) dan keadaan ini berpengaruh terhadap kecerdasan juga prestasi belajar anak. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai sesuai kemampuan anak dari proses belajar dalam waktu tertentu yang dalam bentuk nilai dan hasil tes atau ujian. Tujuan penelitian : untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan kejadian stunted dan nonstunted di Sekolah Dasar Negeri Banyurip I, II dan III Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Banyurip I,II dan III Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Jawa Tengah sebanyak 607 siswa. Sampel penelitian sebanyak 35 siswa untuk kelompok stunted dan 35 siswa untuk kelompok nonstunted. Teknik analisis data menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil Penelitian :hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar kelompok stunted sebagian besar baik 54,3%, sedangkan prestasi belajar kelompok non-stunted sebagian besar tidak baik 77,1%. Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok stunted dan non-stunted (thit = 0,185, dan p-value =0,006).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RAK J300/2011-009 |
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, stunted, non-stunted |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 09:36 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14771 |
Actions (login required)
View Item |