HUBUNGAN ANTARA TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN KOS

ANGGRIANA, RHURY VINDHI and , Supratman, SKM, M.Kes and , Arina Maliya, A.Kep, M.Si.Med (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA YANG TINGGAL DI LINGKUNGAN KOS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Depresi merupakan gangguan alam perasaan atau mood yang ditandai dengan kemurungan dan kesedihan yang mendalam dan berkelanjutan sehingga hilangnya gairah hidup, tidak mengalami gangguan dalam menilai realitas kepribadian tetap utuh, perilaku dapat terganggu tetapi dalam batas-batas normal. Depresi juga tidak mengenal batasan umur, gangguan mental emosional ini bisa terjadi pada segala rentan usia dan usia remaja relatif lebih rentan terkena depresi. Depresi pada remaja dipengaruhi oleh Pola perilaku dan tempat tinggal remaja, remaja yang tinggal di asrama tingkat depresinya akan beda dengan remaja yang tinggal dengan orang tuanya. Lingkungan pergaulan umumnya membuat para remaja pun meluas. Mereka mendapatkan pengalaman di luar keluarga. Mereka mempunyai kelompok-kelompok sebaya (peer group) yang mempunyai pengaruh besar pada perkembangan religiusitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat religiusitas dengan tingkat depresi pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta ( UMS ) yang tinggal dilingkungan kos. Penelitian ini merupakan studi korelasi yaitu penelitian atau penelaahan hubungan antara variabel pada satu situasi atau sekelompok subjek untuk melihat hubungan antara variabel satu dengan yang lain. Populasi penelitian adalah mahasiswi Universitas Muhamadiyah Surakarta yang tinggal dilingkungan kos. Sampel penelitian sejumlah 147 responden teknik pengambilan sampel dengan proportionate random sampling. Instrumen penelitian tingkat religiusitas dan tingkat depresi menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kolerasi Rank Spearma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat religiusitas mahasiswi UMS yang tinggal di lingkungan kos sebagian besar adalah tinggi, (2) tingkat depresi mahasiswi mahasiswi UMS yang tinggal di lingkungan kos sebagian besar adalah depresi ringan, dan (3) semakin tinggi tingkat religiusitas maka semakin rendah tingkat depresi pada mahasiswi UMS yang tinggal di lingkungan kos.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mahasiswi, religiusitas, depresi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2011 05:01
Last Modified: 18 Apr 2016 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item View Item