EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA A (SLB-A) (Studi Kasus Pada Tingkat SMP YKAB di SLB-A Jebres Surakarta)

GERHANA SARI , RIA (2011) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA A (SLB-A) (Studi Kasus Pada Tingkat SMP YKAB di SLB-A Jebres Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan. Suatu kegiatan belajar mengajar tidak lengkap jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam pembelajaran dan tanpa pengajaran yang baik kegiatan belajar mengajar tidak akan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunanetra di SLB-A-YKAB Jebres Surakarta. Hal ini menjadi penting karena melihat persoalan-persoalan yang dihadapi anak tunanetra dalam mengikuti proses pembelajaran mengalami kesulitan yang disebabkan oleh keterbatasan pada penglihatannya, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran guru hendaknya memperhatikan dengan benar kemampuan anak dan memilih metode yang tepat sesuai dengan materi dan kondisi anak didik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Dari latar belakang masalah tersebut, penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang efektifitas metode pembelajaran PAI di SLB-A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran PAI bagi anak tunanetra yang diterapkan di SMP SLB-A-YKAB Jebres Surakarta, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi hambatannya. Manfaat dari penelitian ini, secara teoritis adalah menambah wawasan keilmuan tentang dunia pendidikan pada umumnya dan Pendidikan Agama Islam pada khususnya dalam mencari dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam terutama untuk pendidikan bagi anak penyandang cacat yang memiliki kelainan penglihatan. Sedangkan secara praktis adalah penambahan wawasan dan sebagai bekal persiapan ketika menghadapi anak tunanetra, selalu mengembangkan pendidikan agama yang inovatif dan tepat bagi anak tunanetra, menambah wawasan dalam rangka mendidik mereka dalam lingkungan keluarga, dan dapat menjadi masukan untuk lebih memahami pentingnya sebuah pendidikan bagi anak tunanetra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktifitas yang ada dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat, peneliti menyimpulkan bahwa guru di SLB-A-YKAB Jebres Surakarta dalam menyampaikan materi kepada anak didik menggunakan beberapa metode pembelajaran, diantaranya; metode ceramah dan hafalan, praktek, drill, tanya jawab, dan dikte. Pada dasarnya, metode yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada anak tunanetra sama dengan anak normal. Metode pembelajaran PAI di SLB-A-YKAB Jebres Surakarta sudah berjalan cukup efektif, indikatornya; anak didik dapat menunjukkan perilaku yang baik kepada guru, teman, dan orang tua serta anak didik dapat menulis, membaca, menghafal, dan dapat mempraktekkan pelajaran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Pembelajaran PAI, Bagi Anak Tunanetra
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 10:11
Last Modified: 27 Sep 2011 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item View Item