PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PARU DI DUSUN KAYANGAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR

HANDAYANI, TRI ETIK and , Supratman, S.Km, M.Kes and , Okti Sri Purwanti, S.Kep, Ns (2011) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PARU DI DUSUN KAYANGAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuberkulosis masih merupakan masalah kesehatan baik di Indonesia maupun di dunia dan merupakan penyebab utama kematian. Tuberkulosis didefinisikan sebagai penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis). Hasil penelitian pendahuluan diperoleh gambaran bahwa pengetahuan warga masih kurang dimana sikap anggota keluarga yang pernah menderita TBC kurang mendukung terhadap pola hidup sehat. Meskipun ada anggota keluarga yang menderita TBC, namun kondisi rumah berdekatan dengan kandang ternak, lantai yang jarang disapu dan lembab yang disebabkan lantai belum diplester. Sikap anggota keluarga yang tidak menasehati kepada pasien agar tidak meludah sembarangan masih sering terjadi, artinya lebih banyak dibiarkan pasien TBC meludah sembarangan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat tentang pencegahan TB Paru di Dusun Kayangan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan rancangan pre test post test with control group. Jumlah responden sebanyak 70 yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian dengan kuesioner pengetahuan dan sikap. Materi pendidikan kesehatan menggunakan ceramah dan leaflet. Uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon Rank Sign Test dan uji Mann Whitney Test. Hasil penelitian adalah Pre test pengetahuan kelompok perlakuan banyak kategori cukup 54,3%, kelompok kontrol banyak kategorurang 48,6%. Post test pengetahuan kelompok perlakuan banyak kategori cukup 57,1%, kelompok kontrol banyak kategori cukup 57,1%. Pre test sikap kelompok perlakuan banyak kategori negatif 54,3%, kelompok kontrol banyak kategori negatif 54,3%. Post test sikap kelompok perlakuan banyak kategori positif 74,3%, kelompok kontrol banyak kategori negatif 57,1%. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan pada kelompok perlakuan baik pengetahuan dengan p=0,001 dan sikap dengan p=0,001. Petugas untuk lebih banyak memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, dimana selama ini masih sangat kurang pendidikan kesehatan bagi masyarakat, sehingga diharapkan dengan adanya pendidikan kesehatan dapat menekan terjadinya penyakit tuberkulosis paru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, tuberkulosis paru
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Sep 2011 08:28
Last Modified: 18 Apr 2016 11:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item