SARI, FEBRIYAN MAYA and , Okti Sri Purwanti S.kep and , Arina Maliya, A.Kep.,M.Si., Med (2011) PERBEDAAN MOTIVASI AWAL DAN AKHIR DALAM PENCAPAIAN TARGET KETERAMPILAN PEMBELAJARAN PROGRAM PROFESI NERS KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf Download (219kB) |
|
|
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (BAB III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (BAB IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (BAB V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seorang perawat profesional, dituntut untuk memiliki kemampuan dalam meningkatkan mutu pelayanan/asuhan keperawatan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan yang maju. Untuk mendapatkan keterampilan yang diharapkan, dibutuhkan motivasi yang kuat agar keterampilan dapat dengan mudah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi belajar dalam pencapaian target keterampilan pembelajaran program profesi Ners keperawatan medikal bedah di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada bulan Februari sampai dengan April 2011. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana seluruh mahasiswa profesi Ners yang melaksanakan pembelajaran program profesi Ners keperawatan medikal bedah sebanyak 60 orang menjadi responden. Instrumen berupa kuisioner dan data pencapaian target keterampilan keperawatan medikal bedah. Validitas dan reliabilitas kuisioner motivasi belajar menggunakan Product Moment dan Formula Alpha. Analisis data dengan uji paired t test. Penelitian ini menunjukkan pada pre test didominasi kategori baik, pada pos test didominasi kategori cukup dan target keterampilan didominasi kategori cukup. Hasil uji paired t test diperoleh nilai t test= 2,279 dan nilai p=0,008 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah melakukan keterampilan praktik keperawatan. Saran bagi institusi pendidikan diharapkan mengadakan rorum diskusi antara pembimbing dan mahasiswa setiap supervisi, sehingga mahasiswa termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, target keterampilan, medikal bedah. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 08:14 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 05:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14700 |
Actions (login required)
View Item |