INDARWATI, ANIS (2010) MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL ”SANG PENCERAH” KARYA AKMAL NASERY BASRAL. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (183kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
bab_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_anis.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
Abstract
Modernisasi merupakan salah satu hal penting dan menjadi syarat kemajuan dalam kehidupan manusia saat ini, tak terkecuali dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Modernisasi diperlukan agar pendidikan dapat memenuhi tuntutan kemajuan zaman dan mampu mencetak peserta didik yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan kehidupan. Salah satu contoh modernisasi pendidikan yang mampu membawa perubahan besar dalam kehidupan umat adalah modernisasi yang telah dilakukan salah seorang tokoh nasional Indonesia, yaitu KH. Ahmad Dahlan yang menginspirasi pembaharuan hingga sekarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apa sajakah bentuk-bentuk modernisasi pendidikan Islam yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk modernisasi pendidikan Islam apa saja yang dilakukan oleh KH. Ahmad Dahlan yang terkandung dalam novel Sang Pencerah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam yang lebih berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan mengambil sumber data primer yaitu novel Sang Pencerah yang ditulis oleh Akmal Nasery Basral. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan content analysis. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bentuk-bentuk modernisasi dalam pendidikan Islam yang telah dilakukan KH. Ahmad Dahlan yang terkandung dalam novel Sang Pencerah diantaranya adalah modernisasi kurikulum yang mencakup tujuan pendidikan, materi dan sistem pendidikan. Selanjutnya adalah modernisasi metode pendidikan, setidaknya ada lima metode yang digunakan oleh KH. Ahmad Dahlan dalam mengajarkan ilmu pada murid-murid beliau dan masyarakat saat itu, diantaranya yaitu metode ceramah, diskusi, demonstrasi, contoh/ teladan, dan metode tanya jawab. Bentuk modernisasi berikutnya adalah pada pendidik dan peserta didik, bagaimana KH. Ahmad Dahlan memposisikan pendidik dan peserta didik dalam pendidikan, pendidik hanyalah sebagai fasilitator yang bertugas membimbing dan mengarahkan murid, sedangkan posisi murid sebagai subjek pendidikan yang harus aktif dan kritis selama proses pembelajaran. Terakhir adalah modernisasi dalam hal sarana prasarana pendidikan, dalam mengajar KH. Ahmad Dahlan memanfaatkan sarana prasarana seperti biola, papan tulis, meja dan kursi serta ruang kelas untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar yang pada masa itu belum lazim digunakan di sekolah-sekolah Islam.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK G000/2011-024 |
Uncontrolled Keywords: | Modernisasi Pendidikan Islam dan Novel Sang Pencerah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 24 Sep 2011 03:47 |
Last Modified: | 04 Nov 2011 08:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14666 |
Actions (login required)
View Item |