Bil Haq, Aniq Hudiyah (2011) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN EMPATI PADA ANAK SEKOLAH INKLUSI DAN NON-INKLUSI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
Abstract
Empati sangatlah penting bagi setiap individu sebagai bentuk menghadapi perbedaan dalam kehidupan sosial. Empati haruslah dibangun pada anak sejak dini dan pembelajaran empati dapat dimulai dari lingkungan keluarga dan juga lingkungan sekolah. Di rumah anak belajar berempati melalui pola asuh yang diterapkan kedua orang tuanya, salah satu bentuk pola asuh yaitu pola asuh demokratis. Di Sekolah anak-anak belajar berempati dari mulai guru, teman sampai pada sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah. Salah satu sistem pendidikan yang ada di Indonesia adalah Inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan empati pada anak sekolah inklusi dengan non-inklusi. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah pertama, ada hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi. Kedua, ada perbedaan empati pada anak sekolah inklusi dengan non-inklusi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Kartasura dan SMP Al-Firdaus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala Pola Asuh Demokratis dan skala Empati. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah product moment untuk mengukur hubungan antara pola asuh demikratis dangan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi, dan juga analisis uji beda untuk mengetahui perbedaan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi. Berdasarkan hasil analisis data ada koefisien korelasi (r) sebesar 0,510 dengan p = 0,000 (p<0,01), yang artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi. Hasil perbandingan skor empirik menunjukkan bahwa pola asuh demokratis tergolong tinggi dengan rerata empirik (RE) = 73,40 dan rerata hipotetik (RH) = 57,5 dan empatinyapun tergolong tinggi dengan rerata empirik (RE) = 73,16 dan rerata hipotetik (RH) = 57,5. Hasil analisis data t-test (uji beda) empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi diketahui bahwa nilai t = -1,909 dengan p = 0,061 (p>0,01) yang artinya adalah tidak ada perbedaan empati pada anak sekolah inklusi dan non- inklusi. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi, dan tidak ada perbedaan empati pada anak sekolah inklusi dan non-inklusi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK F100/2011-029 |
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh demokratis, empati, Inklusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 10:22 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 02:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14625 |
Actions (login required)
View Item |