ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Tn. S DENGAN GANGGUAN SISTEM ENDOKRIN DIABETES MELITUS PADA Tn. S DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GATAK BLIMBING, SUKOHARJO

ALFIATUN, ALFIATUN (2011) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Tn. S DENGAN GANGGUAN SISTEM ENDOKRIN DIABETES MELITUS PADA Tn. S DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GATAK BLIMBING, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (hal depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (838kB)
[img]
Preview
PDF (bap 1)
03_BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (bap 2)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (bap 3)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (bap 4)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (bap 5)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah untuk: 1) dapat melakukan pengkajian keperawatan diabetes melitus pada anggota keluarga Tn. S, 2) menegakkkan diagnosa keperawatan berdasarkan keperawatan berdasarkan data yang diperoleh melalui pengkajian untuk mengatasi masalah diabetes melitus, 3) menentukan rencana tindakan keperawatan yang tepat untuk mengatasi masalah diabetes melitus yang dialami Tn. S, 4) melaksanakan rencana tindakan diabetes melitus pada Tn. S, 5) mengevaluasi untuk melihat keberhasilan yang sesuai dengan rencana tindakan keperawatan yang telah diberikan pada Tn. S. Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosi, serta sosial dari tiap anggota keluarga. Sementara itu asuhan keperawatan keluarga adalah suatu rangkaian kegiatan yang diberikan melalui praktek keperawatan dengan sasaran keluarga dengan tujuan menyelesaikan masalah kesehatan yang dialami keluarga dengan metode pendekatan proses keperawatan. Masalah yang diperoleh dari asuhan keperawatan pada Tn. S adalah perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh pada keluarga Tn. S terutama Tn. S berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengambil tindakan yang tepat pada anggota keluarga dengan DM, resiko terjadi penyakit yang sama (penyakit DM) pada anggota keluarga yang lain berhubungan dengan kurangnya sumber-sumber materi, pengetahuan, dan ketrampilan keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan penyakit DM. Dari evaluasi yang dilakukan didapatkan bahwa keluarga sudah mampu mengenal masalah, mampu mengambil keputusan dan mampu merawat anggota keluarga yang sakit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asuhan keperawatan keluarga Tn. S, diabetes melitus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 22 Sep 2011 10:12
Last Modified: 12 Mar 2012 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item