Madyanti, Annisa Triana (2011) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME BALAPAN ONLINE DENGAN AGGRESSIVE DRIVING PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
Abstract
Aggressive driving merupakan perilaku yang membahayakan bagi pengemudi dan orang-orang di sekitarnya yang tidak siap. Pengemudi bersikap tidak sabaran dan kurang peduli sehingga memancing emosi pengguna jalan di sekitarnya. Karakter agresif dapat dideteksi dari gaya mengemudi dan gerakan laju kendaraan bermotor atau mobilnya. Aggressive driving dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi faktor kepribadian individu berhubungan dengan cara pemikiran, emosi, dan sifat faktor fisiologis, otak individu tidak dapat lagi memproduksi sejumlah endorgin yang memberikan perasaan nyaman. Faktor eksternal meliputi faktor keluarga, lingkungan teman sebaya, dan media dan sarana yaitu permainan game. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengetahui hubungan antara intensitas bermain game balapan online dengan aggressive driving pada remaja. (2) Mengetahui peran intensitas bermain game balapan online terhadap aggressive driving pada remaja. (3) Mengetahui tingkat intensitas bermain game balapan online pada remaja. (4) Mengetahui tingkat aggressive driving pada remaja. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang hobi bermain game online di warnet Aurora I, II, dan III. Sampel penelitian ini adalah remaja berusia 15 tahun – 22 tahun. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah purposive non random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan antara intensitas bermain game balapan online dengan aggressive driving pada remaja. (2) Berdasarkan perhitungan data diperoleh sumbangan intensitas bermain game balapan online terhadap aggressive driving ditunjukkan oleh hasil R Square sebesar 0,207 atau 20,7%. Hal ini berarti masih terdapat 79,3% dari beberapa variabel lain yang mempengaruhi aggressive driving. Variabel lain tersebut seperti kematangan emosi, lingkungan sosial, dan dukungan teman sebaya. (3) Tingkat intensitas bermain game balapan online pada remaja tergolong tinggi. (4)Tingkat aggressive driving pada remaja tergolong tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Bermain Game Balapan Online, Aggressive Driving. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 09:58 |
Last Modified: | 22 Sep 2011 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14621 |
Actions (login required)
View Item |