PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA KARYAWAN KONTRAK DENGAN KARYAWAN TETAP PT. SAFARI JUNIE TEXTINDO INDUSTRY BOYOLALI

GUMILAR, DIKI SIHTRIA (2011) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA KARYAWAN KONTRAK DENGAN KARYAWAN TETAP PT. SAFARI JUNIE TEXTINDO INDUSTRY BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Adanya diskriminasi antara karyawan kontrak dan karyawan tetap dapat memunculkan terjadinya permasalahan di perusahaan. Karyawan kontrak merasa tidak nyaman dalam bekerja karena status merasa tidak jelas dan hanya memperoleh sedikit kemudahan-kemudahan dibandingkan karyawan tetap, seperti tunjangan-tunjangan dan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu karyawan kontrak hanya bekerja ketika perusahaan membutuhkan saja, dan sewaktu waktu dapat diberhentikan oleh pihak perusahaan tanpa diberi pesangon atau kompensasi yang memadai sehingga dapat menyebabkan karyawan kontrak tidak nyaman dan optimal dalam bekerja yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap motivasi karyawan untuk berprestasi. Perbedaan situasi dan kondisi pada karyawan kontrak dan tetap dapat menyebabkan individu memiliki motivasi yang berbeda dalam pengembangan karirnya di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara karyawan kontrak dengan karyawan tetap. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan motivasi berprestasi antara karyawan kontrak dengan karyawan tetap. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Safari Junie Textindo Industry Boyolali yang berjumlah 1.200 orang dan sampel diambil sebanyak 80 orang terdiri dari 40 karyawan kontrak dan 40 karyawan tetap. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi berprestasi. Perhitungan analisis data dengan menggunakan uji t Antar Kelompok dari Student memperoleh nilai t sebesar 2,889 dengan p=0,005 (p<0,01). Kesimpulannya adalah ada perbedaan motivasi berprestasi yang sangat signifikan antara karyawan kontrak dan karyawan tetap, hal ini dapat diketahui dari hasil uji t Antar Kelompok dari Student yang memperoleh nilai t sebesar 2,889 dengan p=0,005 (p<0,01) diterima pada taraf signifikansi 1%. Kondisi motivasi berprestasi karyawan kontrak (153,900) lebih tinggi dari pada motivasi berprestasi karyawan tetap (144,850) atau terdapat selisih sebesar 9,050. Kondisi motivasi berprestasi karyawan secara keseluruhan menunjukkan bahwa mean empirik yang diperoleh motivasi berprestasi sebesar 149,375 lebih tinggi dari mean hipotetik yaitu 112,5. Artinya motivasi berprestasi seluruh karyawan (baik karyawan kontrak maupun karyawan tetap) dalam penelitian ini tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, karyawan kontrak dan karyawan Tetap.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Sep 2011 09:28
Last Modified: 22 Sep 2011 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item