YULIYANTI, SRI (2011) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK DI DESA ALASOMBO DAN DESA GROGOL KECAMATAN WERU KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (104kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Pemerataan pendidikan anak sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun faktor internal. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mengambil judul Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Pendidikan Anak Di Desa Alasombo Dan Desa Gr ogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat partisipasi anak petani yang berada pada usia wajib belajar dalam menempuh jenjang pendidikan dasar serta (2) mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anak petani yang berada pada usia wajib belajar dalam menempuh jenjang pendidikan dasar di Desa Alasombo dan Desa Grogol. Responden penelitian ini adalah petani yang memiliki anak yang berada dalam usia pendidikan dasar (SD, SLTP). Metode y ang digunakan adalah metode survai. Analisis data yang digunakan adalah analisis tabel frekuensi, tabel silang serta dilengkapi dengan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat partisipasi anak klasifikasi sedang dan tinggi Desa Alasombo lebih besar dibandingkan Desa Grogol; (2) Untuk hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 5) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah 0,352. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung > r tabel (0,352 > 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan namun memiliki tingkat korelasi yang rendah. Untuk Desa Grogo l r hitung 0,216. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,216 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan tidak signifikan. (3) Untuk hubungan antara jumlah tanggungan keluarga (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 6) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah 0,159. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,159 < 0,339). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan tidak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah 0,563. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung>r tabel (0,563 > 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan namun memiliki tingkat korelasi yang agak rendah. (4) Hubungan antara pendapatan total keluarga (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statis tik (lampiran 7) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah – 0,126. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel ( - 0,126 < 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang ti dak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah – 0,376. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel ( - 0,376 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan. (5) Untuk hubungan antara jarak (x) dengan partisipasi anak alam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 8) di Desa Alasombo nilai korelasi (r) nya adalah 0,0269. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,0269 < 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah 0,173. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel ( 0,173 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak, usia wajib belajar, pendidikan dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Sep 2011 06:23 |
Last Modified: | 21 Sep 2011 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14539 |
Actions (login required)
View Item |