FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK DI DESA ALASOMBO DAN DESA GROGOL KECAMATAN WERU KABUPATEN SUKOHARJO

YULIYANTI, SRI (2011) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK DI DESA ALASOMBO DAN DESA GROGOL KECAMATAN WERU KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Pemerataan pendidikan anak sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal maupun faktor internal. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mengambil judul Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Partisipasi Pendidikan Anak Di Desa Alasombo Dan Desa Gr ogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat partisipasi anak petani yang berada pada usia wajib belajar dalam menempuh jenjang pendidikan dasar serta (2) mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anak petani yang berada pada usia wajib belajar dalam menempuh jenjang pendidikan dasar di Desa Alasombo dan Desa Grogol. Responden penelitian ini adalah petani yang memiliki anak yang berada dalam usia pendidikan dasar (SD, SLTP). Metode y ang digunakan adalah metode survai. Analisis data yang digunakan adalah analisis tabel frekuensi, tabel silang serta dilengkapi dengan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat partisipasi anak klasifikasi sedang dan tinggi Desa Alasombo lebih besar dibandingkan Desa Grogol; (2) Untuk hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 5) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah 0,352. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung > r tabel (0,352 > 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan namun memiliki tingkat korelasi yang rendah. Untuk Desa Grogo l r hitung 0,216. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,216 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan tidak signifikan. (3) Untuk hubungan antara jumlah tanggungan keluarga (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 6) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah 0,159. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,159 < 0,339). Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan tidak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah 0,563. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung>r tabel (0,563 > 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang signifikan namun memiliki tingkat korelasi yang agak rendah. (4) Hubungan antara pendapatan total keluarga (x) dengan partisipasi anak dalam pendidikan (y), Hasil analisis statis tik (lampiran 7) di Desa Alasombo nilai korelasinya (r) adalah – 0,126. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel ( - 0,126 < 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang ti dak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah – 0,376. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel ( - 0,376 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan. (5) Untuk hubungan antara jarak (x) dengan partisipasi anak alam pendidikan (y), Hasil analisis statistik (lampiran 8) di Desa Alasombo nilai korelasi (r) nya adalah 0,0269. Adapun angka r tabel untuk N = 34 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,339. Dengan demikian r hitung < r tabel (0,0269 < 0,339). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan. Hasil analisis statistik di Desa Grogol nilai korelasi (r) adalah 0,173. Adapun angka r tabel untuk N = 26 dengan taraf signifikansi 5 % adalah 0,388. Dengan demikian r hitung < r tabel ( 0,173 < 0,388). Keadaan tersebut menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, usia wajib belajar, pendidikan dasar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2011 06:23
Last Modified: 21 Sep 2011 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item