ARINDANI, DAVIANITA WAHYU (2011) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENGELOLAAN KELAS PADA GURU TK. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (238kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (136kB) |
|
PDF (BabII)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu instrumen yang penting dalam proses pendidikan, proses belajar mengajar akan berjalan baik apabila guru mempunyai kemampuan pengelolaan kelas dengan baik. Kemampuan pengelolaan kelas akan dapat berjalan dengan lancar bila didukung oleh kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi menjadi bagian penting pada diri guru dalam mengajar karena apabila aspek-aspek yang terdapat pada kecerdasan emosi kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati, keterampilan sosial dimiliki oleh guru, maka guru akan percaya diri dan lebih mampu dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan pengelolaan kelas pada guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan pengelolaan kelas pada guru TK. Subjek penelitian guru TK Pertiwi dan TKIT/ABA/RA Kecamatan Cawas yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah studi populasi, yaitu pengambilan sample dengan menentukan jumlah sampel penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,640, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan pengelolaan kelas. Semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin tinggi pengelolaan kelas, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin rendah pula pengelolaan kelas. Sumbangan efektif kecerdasan emosi terhadap pengelolaan kelas sebesar 41% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,410. Berdasarkan hasil analisis diketahui kecerdasan emosi pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 108,184 dan rerata hipotetik (RH) = 112,5. Pengelolaan kelas pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 115,277 dan rerata hipotetik (RH) = 107,5. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan pengelolaan kelas Semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin tinggi pengelolaan kelas. Dengan demikian variabel kecerdasan emosi dapat digunakan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan pengelolaan kelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RAK F100/2011-027 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 20 Sep 2011 10:49 |
Last Modified: | 04 Nov 2011 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14525 |
Actions (login required)
View Item |