OPTIMASI INTERVAL PENGGANTIAN PENCEGAHAN KOMPONEN KRITIS UNTUK MINIMASI DOWNTIME PADA MESIN SIZING HS20-II (Studi kasus: PT. PRIMATEXCO INDONESIA, BATANG)

NURBASA, DARMAWAN PRASETYO (2011) OPTIMASI INTERVAL PENGGANTIAN PENCEGAHAN KOMPONEN KRITIS UNTUK MINIMASI DOWNTIME PADA MESIN SIZING HS20-II (Studi kasus: PT. PRIMATEXCO INDONESIA, BATANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_OK.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I_OK.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimasikan interval penggantian komponen kritis mesin Sizing HS20-II untuk meminimumkan waktu menganggur (downtime) dengan mempertimbangkan diagram keterkaitan antar komponen menurut bagian maintenance. Jenis perawatan yang dilakukan adalah perawatan mesin yang terjadwal (preventive maintenance) yang berdasarkan interval waktu penggantian komponen. Studi kasus penelitian ini adalah PT. PRIMATEXCO INDONESIA. Batang. perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil yang memproduksi kain mori untuk bahan baku batik. Kain mori ini diproses secara pemesinan dan melalui mesin yang berbeda-beda, jika salah satu mesin mengalami kerusakan mengakibatkan terganggunya kelancaran proses produksi. Sehingga keandalan mesin harus terjaga untuk tetap memperlancar proses produksi dalam sebuah perusahaan. Sistem perawatan yang ada di dalam PT. Primatexco Indonesia, Batang yaitu perawatan secara failure replacement (penggantian karena rusak) dan preventive replacement. Setelah melakukan pengolahan data, maka didapatkan komponen kritis masing-masing mesin Sizing HS20-II adalah: Pompa Kanji, Bearing Contack Roll, Bearing Bottom Roll, Seal Bottom Roll, Squissine Roll, ASC, Rotary Joint, Packing Flexible, Selenoid Valc Fag, dan V-Belt. Sehingga, penerapan model optimasi interval penggantian komponen untuk downtime minimum mesin Sizing HS20-II pada masing-masing komponen didapatkan komponen Pompa Kanji (tp = 131 jam, D(tp) = 0,005154383), Bearing Contack Roll (tp = 162 jam, D(tp) = 0.004146694), Bearing Bottom Roll (tp = 46 jam, D(tp) = 0.020247426), Seal Bottom Roll (tp = 181 jam, D(tp) = 0.005785839), Squissine Roll (tp = 120 jam, D(tp) = 0.007697247), ASC (tp = 274 jam, D(tp) = 0.002833965), Rotary Joint (tp = 37 jam, D(tp) = 0.0192466), V-Belt (tp = 237 jam, D(tp) = 0.00052137), Packing Flexible (tp = 35 jam, D(tp) = 0.015817727) dan Selenoid Valc Fag (tp = 339 jam, D(tp) = 0.001997603). Dari rekapitulasi di atas dan mempertimbangkan diagram keterkaitan antar komponen menurut bagian maintenance, maka dapat dilakukan penggantian secara bersamaan dari hasil pengolahan didapatkan 7 komponen yaitu: pada bagian Sizing (size box) terdapat 3 komponen yaitu: bearing contack roll, squissine roll dan seal bottom roll, pada bagian Drying (steam value) terdapat 2 komponen yaitu: rotary joint dan bearing bottom roll dan pada bagian Take up (take up roll) terdapat 2 komponen yaitu: v-belt dan ASC.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011-007
Uncontrolled Keywords: Downtime, Failure Replacement, Optimal Penggantian Komponen, Penggantian Bersamaan, Preventive Maintenance
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2011 05:59
Last Modified: 03 Nov 2011 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item