PENENTUAN ALTERNATIF PENGADAAN ALAT TRANSPORTASI DENGAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus: CV. Jaya Mulya, Semanggi)

FUADZI, MUCH. ARWAN (2011) PENENTUAN ALTERNATIF PENGADAAN ALAT TRANSPORTASI DENGAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) (Studi Kasus: CV. Jaya Mulya, Semanggi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Pengiriman suatu barang dengan cepat dan tepat sasaran merupakan langkah yang digunakan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Hal ini sangat menentukan bagaimana perusahaan manufaktur maupun jasa sanggup memberikan pelayanan yang terbaik. Misal saja perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman, jenis transportasi merupakan hal yang sangat diperlukan demi kepuasan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui alternatif jenis alat transportasi yang sebaiknya digunakan dan bagaimana membuat struktur Analitycal Hierarchy Process (AHP) berdasarkan kondisi aktual CV. Jaya Mulya sebagai landasan penetapan metode AHP. Penelitian ini dilakukan di CV. Jaya Mulya, Semanggi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interview pada pihak manajemen, penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah para pengambil keputusan tentang kebijakan perusahaan. Pengambil keputusan tersebut adalah pihak manajemen yang meliputi pimpinan, wakil pimpinan, sie administrasi dan keuangan, sie produksi dan sie penjualan. Metode pengolahan data dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari penelitian ini didapatkan hasil pembobotan yang paling dominan terhadap pengadaan alat transportasi adalah kapabilitas dengan skor 0,443 sedangkan biaya operasional menempati urutan kedua dengan skor 0,267, kenyamanan menjadi urutan ketiga dengan skor 0,125 dan harga menjadi urutan terakhir dengan skor 0,165. Faktor kapabilitas subfaktor beban muatan menjadi prioritas utama (0,555). Faktor biaya operasional subfaktor bahan bakar menjadi faktor utama (0,150). Subfaktor suspensi (0,570) merupakan faktor pertama dalam faktor kenyamanan. Subfaktor purna jual (0,516) menjadi pertimbangan utaman dalam faktor harga. Pada semua subfaktor, mitsubishi L300 merupakan alternatif terbaik dengan mempertimbangkan semua subfaktor yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AHP, alat transportasi, kapabilitas
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2011 05:16
Last Modified: 20 Sep 2011 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item View Item