FATAH R., ASNAINI MUH (2008) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH UMUM (SMU) NEGERI I BULU KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006 / 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
G000030022.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
Abstract
Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat mendidik siswa tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dengan guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan tersebut hanya akan bisa dicapai dibawah pola manajerial yang solid. Dengan pola MBS, kurikulum yang menyatu dengan keislaman, tenaga ependidikan yang professional, pengelolaan kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana dan prasarana yang memadai, pengelolaan hubungan dengan masyarakat yang solid, serta layanan khusus yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengajaran pendidikan Islam yang diberlakukan di SMU N I Bulu Kabupaten Suikoharjo tahun ajaran 2006/ 2007, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan Islam. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembangan disiplin ilmu, manajemen pendidikan serta pengajaran Islam, memberikan sumbangan praktis yakni motivasi manajemen pendidikan Islam bagi sekolah-sekolah yang berasaskan Islam untuk dijadikan patkan dan diterapkan pada proses pelaksanaan manajemen pengajaran pendidikan Islam di sekolah-sekolah lain, Menjadi tolok ukur bagi sekolah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research), objek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, bagian keuangan, personalia, kesiswaan, humas, sarana prasarana. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan), untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity, Treath). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, manajemen pendidikan di SMU N I Bulu Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2006/ 2007 secara teoritis sudah ideal, akan tetapi dalam tataran praktis belum bisa optimal dan masih ditemui banyak kendala dikarenakan sekolah ini belum lama berdiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN PENGAJARAN,PENDIDIKAN ISLAM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 May 2009 08:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 05:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |