RANCANG BANGUN BURNER KOMPOR METHANOL DENGAN VARIASI JUMLAH LUBANG 16, 20, 22 DIAMETER BURNER 9,5 CM DAN LETAK LUBANG ZIG-ZAG

MURSITO, MURSITO (2011) RANCANG BANGUN BURNER KOMPOR METHANOL DENGAN VARIASI JUMLAH LUBANG 16, 20, 22 DIAMETER BURNER 9,5 CM DAN LETAK LUBANG ZIG-ZAG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Bahan bakar sulit terlepas dari kegiatan sehari-hari karena itu menjadi kebutuhan yang sangat penting, selama ini untuk kebutuhan rumah tangga menggunakan bahan bakar minyak tanah. Untuk mengatasi ketergantungan pada minyak tanah digunakan bahan bakar alternatif yaitu methanol. Kompor methanol yang baik tidak terlepas dari desain ruang bakar yang bisa mensirkulasi kalor yang terbuang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja burner dengan letak lubang zig-zag pada burner kompor methanol terhadap karakteristik pembakaran. Model burner dibuat menjadi tiga variasi yaitu jumlah lubang 16,20 dan 22. Pengujian diawali merangkai kompor methanol dengan kelengkapannya. Ketinggian tabung bahan bakar 50 cm dan pengujian dilakukan selama 20 menit. Kerakteristik pembakaran dilakukan dengan cara mengukur temperatur pembakaran melalui 4 titik kemudian mengukur konsumsi bahan bakar. Boiling test dilakukan dengan cara mendidihkan air sebanyak 1 liter. Hasil penelitian diketahui bahwa jumlah lubang burner berpengaruh terhadap karakteristik pembakaran kompor methanol. Burner dengan jumlah lubang 22 menghasilkan temperatur tertinggi dengan temperatur rata-rata 460 0C, sedangkan konsumsi bahan bakar yang paling hemat adalah burner dengan jumlah lubang 16 sebanyak 55 ml. untuk mendidihkan air tercepat dunjukkan pada burner jumlah lubang 16 dan 22 dengan waktu 14 menit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D200/2011-025
Uncontrolled Keywords: Methanol, Jumlah Lubang Burner, Temperatur, Waktu Mendidihkan Air, Konsumsi Bahan Bakar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2011 05:22
Last Modified: 03 Nov 2011 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item