TASLIMAH, SITI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Andong Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Halaman_Depan_.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pada segiempat dengan pendekatan aptitude treatment interaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Andong Boyolali yang berjumlah 34 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah ada peningkatan motivasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar matematika meliputi: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 47,06 % dan setelah tindakan 92,43 %, 2) mengajukan pertanyaan pada guru sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 73,53 %, 3) mengemukakan gagasan/ ide sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 58,82 %, dan 4) menanggapi pendapat teman/ siswa lain sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 64,71 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekatan aptitude treatment interaction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-30 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, pendekatan aptitude treatment interaction. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 09 Sep 2011 02:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14305 |
Actions (login required)
View Item |