PENGARUH INSIDER OWNERSHIP, INSTITUTIONAL INVESTORS, DIVIDEND PAYMENT, ASSET STRUCTURE DAN PROFITABILITY TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG

INDRIASTUTI, ERLINA (2011) PENGARUH INSIDER OWNERSHIP, INSTITUTIONAL INVESTORS, DIVIDEND PAYMENT, ASSET STRUCTURE DAN PROFITABILITY TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Perusahaan dipandang sebagai sekumpulan kontrak antara manajer perusahaan dan pemegang saham. Salah satu alternatif manajer untuk memperoleh dana adalah dengan menggunakan hutang. Akan tetapi, kebijakan hutang rentan terhadap konflik kepentingan antara manajer dan pemegang saham. Konflik tersebut dapat diminimumkan dengan suatu mekanisme pengawasan yang akan menimbulkan agency cost. Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi agency cost adalah meningkatkan insider ownership, meningkatkan dividend payout ratio, institutional investors sebagai monitoring agents dan meningkatan pendanaan dengan hutang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh antara insider ownership, institutional investors, dividend payment, asset structure dan profitability terhadap kebijakan hutang perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2006-2009, sedangkan sampel dipilih dengan cara purposive sampling sesuai kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan metode pengumpulan data menggunakan polling data jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 59 perusahaan. Dari hasil pengumpulan sampel tersebut dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis berupa analisis regresi linear berganda. Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk mengukur intensitas pengaruh antara variabel-variabel independen yaitu insider ownership, institutional investors, dividend payment, asset structure dan profitability terhadap kebijakan hutang sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel insider ownership, institutional investors, dividend payment, asset structure dan profitability berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan hutang. Namun secara parsial hanya variabel insider ownership, asset structure dan profitability yang berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Sedangkan variabel institutional investors dan dividend payment tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Dengan demikian hanya variabel insider ownership, asset structure dan profitability yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan keputusan pendanaan dengan menggunakan hutang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor dan pihak lain yang membutuhkan. Namun selain insider ownership, asset structure dan profitability, para investor juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-32
Uncontrolled Keywords: Insider Ownership, Institutional Investors, Dividend Payment, Asset Structure, Profitability dan Kebijakan Hutang.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 06:19
Last Modified: 01 Nov 2011 09:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item