ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, RENTABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP HARGA SAHAM. (Study empiris pada perusahaan Tobacco yang terdaftar di BEI periade tahun 1999-2008)

SUSILO, EKO (2011) ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, RENTABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP HARGA SAHAM. (Study empiris pada perusahaan Tobacco yang terdaftar di BEI periade tahun 1999-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, dan Aktivitas terhadap Harga Saham pada perusahaan tobacco manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 1999 – 2008. Alat ukur yang digunakan adalah current ratio, quick ratio, debt to equity ratio, rasio total aktiva dan total utang, gross profit margin, operating ratio, net earning power ratio, dan working capital turnover. Dalam hal ini harga saham yang diteliti adalah harga saham perusahaan Tobacco manufaktur yang tercatat di ICMD. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan tobacco manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 1999 – 2008. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan tobacco manufaktur yang terdaftar di BEJ. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis hipotesis yaitu analisis regresi berganda, uji t, uji R2 serta menggunakan pengujian asumsi klasik. Secara sederhana penelitian ini ingin menguji berapa besar pengaruh dari rasio-rasio tersebut terhadap pergerakan naik dan turunnya harga saham, dan sejauh mana kemampuan rasio-rasio tersebut untuk memprediksi fluktuasi dari harga saham yang ada di BEJ. Hasil dari penelitian ini yang menyebutkan bahwa hanya quick ratio yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan gross profit margin, current ratio, debt to equity ratio, rasio total aktiva dan total utang, operating ratio, net earning power ratio, dan working capital turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukan bahwa dalam penelitian ini adalah BLUE (best, linear, unbiased, estimator) atau penelitian ini tidak bias.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Aktivitas dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 05:24
Last Modified: 08 Sep 2011 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item