FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008)

TRISTIANTO, PRIAMBODHO (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)

Abstract

Perataan laba (income smoothing) adalah praktik yang umum dilakukan oleh manajer perusahaan untuk mengurangi fluktuasi laba, yang diharapkan mempunyai pengaruh yang bermanfaat bagi evaluasi kinerja manajemen. Namun demikian, praktik ini telah dikritik oleh banyak pihak karena dapat menyebabkan pengungkapan dalam laporan keuangan menjadi tidak memadai. Akibatnya, laporan keuangan tidak lagi mencerminkan keadaan sebenarnya mengenai hal-hal yang terjadi di perusahaan yang seharusnya perlu diketahui oleh pemakai laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perataan laba. Selain itu, penelitian ini juga melihat apakah ada hubungan atas faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor yang dianalisis meliputi Ukuran perusahaan, Net Profit Margin (NPM), Operating Profit Margin (OPM) dan Return on Asset (ROA). Penelitian ini melibatkan empat puluh dua perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2004-2008. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive judgement sampling. Data yang digunakan adalah data eksternal, yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) 2007 dan 2009. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah pengujian multikolinearitas dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi logistic (binary logistic regression). Hasil pengujian multikolinearitas menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Hasil pengujian regresi logistic menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan net profit margin berpengaruh terhadap perataan laba sedangkan variabel operating profit margin dan return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,181 mengindikasikan bahwa 18,1% perataan laba dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini, selebihnya 81,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perataan laba, ukuran perusahaan, NPM, OPM, ROA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Aug 2011 05:45
Last Modified: 25 Aug 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item View Item