PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS XI AK 4 SMK N 1 SRAGEN TAHUN 2010/2011

Ariffudin, Muhammad Husain (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS XI AK 4 SMK N 1 SRAGEN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
03._BAB_I.pdf

Download (321kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI AK 4 SMK N I Sragen , (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI AK 4 SMK N I Sragen, dan (3) memaparkan presespsi dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas XI AK 4 SMK N I Sragen tahun 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas AK 4 SMK N I sragen. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, teknik tes, catatan lapangan, dan wawancara. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan analisis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari siklus I sampai siklus II dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode field trip ini meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan, aktifitas siswa, nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Sebelum diterapkan metode field trip, rata-rata siswa adalah 62, 55, sedangkan setelah diadakan tindakan siklus I dan II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 68, 19 dan 74, 70. Pada ketuntasan belajar sebelum diterapkan metode field trip jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa, dan setelah diadakan tindakan siklus I dan II jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 32 dan 37 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis deskripsi, field trip, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Aug 2011 05:10
Last Modified: 25 Aug 2011 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item